Home

WFH Berakhir, ASN Batam Kembali Kerja Normal

batampos.id – Pemerintah Kota Batam mengakhiri sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk pegawai yang ada di lingkungan pemerintahan. Pegawai mulai kembali masuk kantor sesuai jam kerja 16 Oktober ini.

Sekretaris Kota (Setdako) Batam, Jefridin mengatakan penerapan sistem bekerja dari rumah ini tertuang dalam surat edaran 29 September 2020 tentang penyesuaian sistem kerja dan perubahan ketujuh atas surat edaran wali kota nomor 181 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19 di lingkungan pemerintahan.

“Jadi sudah normal kembali. Pegawai sudah bekerja sesuai dengan jam kerja. Tidak ada yang WFH lagi,” ujarnya, Jumat (16/10/2020).

Tidak diperpanjangnya WFH ini karena melihat kondisi Covid-19 sudah mulai membaik. Ia menjelaskan penerapan WFH awalnya untuk menutup pintu penyebaran di lingkungan ASN. Karena penyebaran yang cukup massif, klaster ASN menjadi salah satu penyumbang terbanyak kasus positif di Kota Batam.

“Jadi memang awalnya itu kita melindungi ASN agar terhindar dari paparan. Sebab satu ruangan itu penuh dan penerapan jaga jaraknya kurang maksimal. Sehingga perlu upaya menekan penyebaran, terutama di lingkungan OPD yang terpapar,” terangnya.

Ia berharap kepatuhan ASN terhadap protokol kesehatan bisa meningkat, dan bisa mengedukasi lingkungan sekitar untuk menerapkan 3M atau menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Prilaku hidup sehat ini menjadi kunci dalam melindungi diri agar terhindar dari paparan Covid-19.

Pantauan di Kantor Wali Kota Batam, pegawai kembali menjalani rutinitas sesuai jam kerja. Selama berada di ruangan pegawai juga meminimalisir interaksi antar pegawai dan menerapkan 3M. (*)

Reporter: Yulitavia
Editor: Chahaya Simanjuntak