Bintan-Pinang

Petugas Damkar Tanjunguban Usir Tawon Vespa di TPU Kampung Kamboja dengan Cara Membakar Sarangnya

Petugas Damkar Tanjunguban mengevakuasi sarang tawon vespa di TPU Kampung Kamboja, Tanjunguban, Jumat (23/10/2020) siang. (F.UPT Damkar Tanjunguban untuk batampos.id)

batampos.id– Petugas UPT Damkar Tanjunguban berhasil mengusir tawon vespa dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Kamboja, Tanjunguban, Bintan Utara dengan cara membakar sarangnya pada Jumat (23/10/2020) siang.

Kasubag Tata Usaha UPT Damkar Tanjunguban, Panyodi mengatakan, laporan awalnya diterima dari warga bernama Bambang Supriyadi, 60. Pria yang merupakan pensiunan pegawai Kantor Camat Bintan Utara itu melaporkan adanya sarang tawon vespa dengan cara menghubungi nomor kantor Damkar Tanjuguban.

Menindaklanjuti laporan itu, dua petugas Damkar Tanjunguban mengecek ke lokasi untuk mempelajari kondisi lapangan. Tidak lama kemudian petugas Damkar Tanjunguban menggevakuasi sarang tawon yang sangat berbahaya tersebut.

Awalnya petugas menaiki tangga untuk menjangkau sarang tawon vespa dari dekat. Kemudian, di sekitar sarang disiram cairan minyak untuk mengusir tawon yang bersarang di sana.

Selanjutnya sarang tawon diturunkan. Evakuasi yang cukup menengangkan itu berhasil diselesaikan sekira pukul 14.30 WIB. Lalu, sarang tawon vespa tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar.

Panyodi mengimbau masyarakat tidak perlu takut apabila melihat hewan-hewan berbahaya. Karena UPT Damkar Tanjunguban, menurutnya tidak hanya bertugas memadamkan api jika terjadi kebakaran namun salah satu tugasnya termasuk menangkap hewan-hewan yang berbahaya.

“Jadi kalau jumpa ular atau ada sarang tawon, laporkan saja ke Damkar Tanjunguban di nomor O771 465 1295, kami siap bekerja dengan tulus dan ikhlas tanpa dipungut biaya,” tegasnya. (*)

Reporter: Slamet

Editor: Tunggul