Bintan-Pinang

Polisi Tangkap Tangan Dua Pelaku Dugaan Pungli, Satunya Dikabarkan Ketua Organisasi Mahasiswa di Kepri

AKP Agus Hasanudin (Slamet/Batam Pos)

batampos.id – Tim Saber Pungli Polres Bintan menangkap tangan dua pelaku dugaan pungli masing-masing lelaki berinisial D dan PA, yang dikabarkan ketua salah satu organisasi mahasiswa di Kepulauan Riau pada Minggu (25/10/2020). Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanudin ketika dikonfirmasi, Senin (26/10/2020) membenarkan hal ini.

Penangkapan bermula adanya informasi pungutan liar dana bantuan hibah dari Kementerian Agama (Kemenag). Setiap TPQ dijanjikan pelaku PA akan menerima dana bantuan hibah sebesar Rp 10 juta namun besaran bantuan dipotong Rp 3 juta. “Awalnya akan dipotong Rp 2 juta. Tapi belakangan ditambah Rp 1 juta sehingga potongan menjadi Rp 3 juta. Rp 1 juta itu untuk temannya yang pelaku D,” ujarnya.

Menindaklanjuti laporan itu, pihaknya mengamankan dua pelaku di Tanjungpermai, Kecamatan Seri Kuala Lobam. “D dan PA diamankan,” ujarnya. Dari pemeriksaan sementara, ia menyebut, ada 8 TPQ di Lobam yang menjadi korban perbuatan PA dan D. Terkait kasus ini, dia masih menelusuri terkait dugaan keterlibatan pihak lain termasuk di Kemenag. “Kita masih telusuri, soalnya orang Kemenag kita tanya tidak tahu,” ujarnya menambahkan siang ini rencananya akan digelar perkaranya di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan. (*)

 

reporter: Slamet

Editor: Tunggul