Bintan-Pinang

Pelanggaran Lalulintas di Bintan Didominasi Pengendara Roda Dua

Satlantas Bintan saat bersiap melakukan zebra di Tanjinguban, Senin (26/10/2020). (F.Satlantas Polres Bintan untuk batampos.id)

batampos.id– Satlantas Polres Bintan menggelar operasi zebra tahun 2020 mulai Senin (26/10/2020). Kasat Lantas Polres Bintan AKP Fian Agung Wibowo mengatakan, operasi serentak dilaksanakan selama dua pekan mulai 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020.

Dalam operasi ini, ia mengatakan, pihaknya lebih mengedepankan pencegahan dan sosialisasi, sebelum adanya penindakan lebih lanjut. Selain itu sambungnya, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas,

Di samping itu, masih katanya juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mematuhi rambu-rambu berlalu lintas. Dikatakannya sejauh ini pelanggaran lalu lintas di Bintan didominasi oleh kendaraan roda dua.

“Ditambah lagi anak di bawah umur yang belum memenuhi syarat untuk berkendara, hal ini yang menjadi persoalan angka kecelakaan dan pelanggaran menjadi meningkat,” ujarnya. Dalam operasi ini, pihaknya fokus pada kelengkapan surat-surat kendaraan, pengendara di bawah umur, penggunaan helm standar SNI dan melawan arus.

“Ke depan kita juga akan melibatkan instansi gabungan terkait seperti TNI, Satpol PP untuk memeriksa prokes, yaitu razia pemakaian masker oleh pengendara maupun penumpangnya,” ujarnya.

Terakhir ia mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat agar melengkapi surat-surat saat berkendara di jalan raya, menggunakan helm standar SNI dan tidak melawan arus saat berkendara. “Juga jangan lupa pakai masker untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama ” ujarnya. (*)

Reporter: Slamet

Editor: Tunggul