Bintan-Pinang

Ungkap Pungli Bantuan Dana Hibah dari Kemenag, Polisi Sita Uang Tunai Rp 24 Juta dari Dua Tersangka

Salah tersangka dugaan pungli yang diamankan Polres Bintan. (f.ist untuk batampos.id)

batampos.id – Tim Saber Pungli Polres Bintan mengungkap kasus pungutan liar pada anggaran bantuan operasional pesantren dan pendidikan keagamaan Islam pada masa pandemi covid-19. Dua pelaku ditangkap tangan masing-masing berinisial PA, 23, yang merupakan ketua organisasi mahasiswa di Kepri dan DE, 23, di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Siratul Jannah, Tanjungpermai, Kecamatan Seri Kuala Lobam pada Minggu (25/10/2020) sekira pukul 10.30 WIB.

Dari keduanya disita uang tunai sekira Rp 24 juta dengan pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. Kemudian dua unit handphone, yakni Iphone 6 plus warna putih dan HP merk Pocophone biru dongker serta tas hitam bertalikan coklat bertuliskan sehat diawali dari saya.

Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanudin mengatakan, awalnya keduanya mengaku sebagai mahasiswa yang mengurus bantuan operasional pendidikan untuk 21 TPQ dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

“Uangnya sudah dicairkan salah satu bank pemerintah. Dimana, setiap TPQ mendapat bantuan Rp 10 juta tapi mereka meminta imbalan Rp 3 juta per TPQ alasannya uang segitu untuk biaya operasional pencairan kepengurusan ke Kemenag RI
di Jakarta,” katanya.

Pada saat itu, keduanya mengumpulkan para kepala TPQ yang ada di Kecamatan Seri Kuala Lobam untuk meminta laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dari kepala TPQ sekaligus uang Rp 3 juta per TPQ.

“Saat kita tangkap, keduanya sudah memasukkan uang yang disetorkan 8 kepala TPQ ke tas warna hitam, dimana masing-masing menyetorkan uang Rp 3 jut per TPQ. Sehingga total uang tunai yang diamankan di dalam tas pelaku saat itu sekira Rp 24 juta,” ujarnya.

Dia mengatakan saat itu keduanya langsung diamankan dan dibawa ke Polres Bintan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Terhadap keduanya disangkakan pasal 368 Jo 55 ayat 1 ke 1 K.U.H.Pidana atau 378 Jo 55 ayat 1 ke 1 K.U.H.Pidana. (*)

Reporter: Slamet

Editor: Tunggul