Home

Ikuti Pembekalan, Pengurus Terpilih Wuamesu Siap Jalankan Tugas Perkumpulan

Pengurus Perkumpulan Wuamesu mengikuti pembekalan di aula SD Yos Soedarso II, Sagulung, Sabtu (24/10). (F.Eusebius/Batam Pos)

batampos.id – Pengurus terpilih Perkumpulan keluarga besar Wuamesu Ende-Lio Batam periode 2020-2023 ikut pembekalan yang digelar di aula SD Yos Soedarso II yang berlokasi di Kaveling Nato, Kelurahan Seilangkai, Kecamatan Sagulung, Sabtu (24/10) lalu. Pembekalan ini bertujuan untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi dari masing masing bidang tugas pengurus terpilih sebelum dilantik.

Pembekalan ini melibatkan seluruh pengurus terpilih dan dibuka secara resmi oleh ketua terpilih Don Woge, serta dihadiri Ir Francis Temi Gawa sebagai pemateri.

“Sudah berjalan Sabtu malam lalu dan kegiatan ini semacam persiapan kecil sebelum pelantikan nanti. Perkenalkan tugas dan fungsi masing-masing pengurus agar perkumpulan ini berjalan dengan baik ke depannya,” ujar Ketua Team Pengarah, Djohanes Adeo Palle.

Wuamesu Batam merupakan perkumpulan keluarga asal Kabupaten Ende, Provinsi NTT di Kota Batam. Paguyuban ini telah memilih kepengurusan melalui musyawarah besar (Mubes) pada Maret lalu. Dalam mubes tersebut Don Woge terpilih sebagai ketua perkumpulan.

Wuamesu yang dalam bahasa daerah Ende artinya saling mengasihi ini diharapkan terus mengembangkan fungsi perkumpulan untuk sebagai wadah pemersatu semua masyarakat Ende Lio yang ada di Batam. Wuamesu sendiri sudah berdiri sejak tahun 1982 dengan Paul Peweki sebagai Pemraskarsa berdirinya Wuamesu Batam. Perkumpulan ini sudah banyak membantu masyarakat perantau yang ada di Batam termasuk berhasil mendirikan sebuah rumah persatuan di Jodoh dan Sekolah Sinar Timur.

Don Woge sebagai ketua umum terpilih bertekad akan terus mengembangkan visi dan misi perkumpulan yang ada. Diapun berharap agar seluruh anggota perkumpulan Wua Mesu di Batam terus bergandengan tangan untuk saling membantu demi kemajuan masyarakat asal Kabupaten Ende dan Kota Batam pada umumnya.

Albert Pati, ketua panitia pelaksana Pengukuhan Pengurus Wuamesu Batam 2020 yang juga sebagai tokoh masyarakat Ende Lio Batam juga berharap yang sama. Wuamesu adalah wadah pemersatu orang dari Kabupaten Ende, harus selalu bergandengan tangan dan bermitra dengan lintas Paguyuban dan dengan Pemerintah Daerah kota Batam, TNI dan Polri.
“Harus turun ketika ada persoalan sosial yang dihadapi orang Ende, seperti meninggal, persoalan hukum dan lain-lain, maka Paguyuban Wuamesu harus ambil bagian,” harapnya. (*)

Reporter: Eusebius Sara
Editor: Dede Hadi