Covid-19

Karimun Akhirnya Miliki Mesin PCR 

Arif Fadillah. foto diambil sebelum pandemi covid-19. (f.dok)

batampos.id – Pemerintah Provinsi Kepri, memberikan bantuan satu unit mesin polymerase chain reaction (PCR) untuk Pemerintah Kabupaten Karimun yang ditempatkan di RSUD M Sani. Penyerahan dilakukan oleh TS Arif Fadillah selaku Sekda Provinsi Kepri.

Bantuan ini untuk membantu percepatan pemeriksaan sampel swab warga yang suspek Covid-19 di Karimun. Sehingga, tidak perlu lagi dikirim ke Batam. Karena, di Batam butuh waktu 3 sampai hari. “Dengan adanya PCR sendiri, sampel diperiksa pagi sore sudah ada hasilnya,” ujar Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah.

Dikatakan Sekda, Pemerintah Provinsi Kepri membeli 3 unit PCR dengan dua jenis. Yakni, dua unit jenis portable dan satu unit jenis PCR kontainer. Mesin PCR portable selain untuk RSUD M Sani juga satu unit untuk RS Pemko Batam. Sedangkan yang ukuran besar untuk RS Provinsi Ahmad Thabib.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karimun, M Firmansyah menyatakan, saat ini mesin PCR untuk memeriksa sampel swab memang dibutuhkan. “Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri. Sehingga, kita bisa segera mengetahui sampel swab yang diperiksa,” paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi secara terpisah menyebutkan, dengan situasi dan keadaan sekarang memang mesin PCR sangat dibutuhkan. Hanya saja, tambah Rachmadi, alat tersebut belum bisa digunakan. Karena, harus disiapkan kamar khusus di RSUD M Sani.

Saat ini bangunan yang akan dijadikan kamar khusus sudah ada. Hanya saja butuh waktu 2 sampai 3 minggu untuk disiapkan. Kemudian, masih ada alat pendukung untuk bisa memeriksa sampel swab. Yakni, kelengkapan reagen yang harganya tidak murah. Sehingga mesin PCR portable belum bisa digunakam. (*)

Reporter: Sandi
Editor: Tunggul