Total Football

Kemenangan Pertama Leicester Atas Arsenal Setelah 47 Tahun

Selebrasi striker Leicester City Jamie Vardy usai mencetak gol kemenangan timnya saat melawat ke markas Arsenal di Stadion Emirates, London, Senin (26/10) WIB. (F. Catherine Ivill/POOL/AFP)

batampos.id – Leicester sukses mempermalukan tuan rumah Arsenal dalam laga lanjutan Premier League, Senin (26/10) dini hari WIB. Dalam laga yang digelar di Stadion Emirates ini, Jamie Vardy menjadi pahlawan kemenangan Leicester setelah mencetak satu-satu gol.

Bermain di kandang membuat The Gunners, julukan Arsenal, berusaha keras untuk mengamankan tiga poin. Sayang, Arsenal malah berulang kali menyia-nyiakan peluang gol dalam satu jam pertama pertandingan.

Tim Mikel Arteta ini melepaskan 10 percobaan gol dan enam tendangan penjuru, sedangkan Leicester melepaskan hanya satu percobaan gol dan tak satu pun tendangan penjuru.

Tuan rumah hampir mencetak gol ketika Kieran Tierney menyambut umpan silang kapten Pierre-Emerick Aubameyang namun sundulannya melebar dari gawang.

Ardenal kembali nyaris menciptakan gol beberapa menit kemudian. Tendangan Alexandre Lacazette yang berdiri bebas di muka gawang melebar dari gawang setelah assist dari Tierney.

Arsenal sebenarnya berhasil mencetak gol melalui tandukan Lacazette menfaatkan tendangan pojok Dani Ceballos. Sayang wasit menganulir gol itu lantaran Granit Xhaka berada posisi offside. Meski melompati bola, wasit dan ofisialnya menilai Xhaka menghalangi pandangan kiper Leicester, Kasper Schmeichel.

Vardy, yang masuk sebagai pengganti memecahkan kebuntuan pada menit ke-80. Tandukan Vardy sambil menjatuhkan diri memanfaatkan assist Cengiz Under, gagal diselamatkan kiper Arsenal Bernd Leno.

Padahal sebelumnya, Vardy sempat absen selama dua laga lantaran cedera yang dialaminya. Gol kesebelas striker itu di Liga Premier melawan Arsenal tersebut membuat timnya untuk pertama kali sejak 1973 menang di kandang Arsenal. Gol Vardy ke gawang Arsenal juga memecahkan rekor Wayne Rooney ke gawang tim yang sama.

Usai laga, Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengaku kecewa atas keputusan wasit menganulir gol Lacazette. “Ini sungguh mengecewakan. Kami berhasil mencetak gol dan wasit merampasnya. Saya tidak tahu bagaimana gol itu bisa dianulir,” kecamnya.

“Sejujurnya, saya sangat senang peforma tim di babak pertama. Kami tampil menekan, dan berhasil mengurung pertahanan lawan serta menciptakan peluang. Secara permainan Aresnal lebih unggul,” kata Arteta.

Kemenangan yang diraih Leicester menjadi yang pertama dalam 47 tahun terakhir dan mengantarkan tim asuhan Brendan Rogers menduduki peringkat empat dalam klasemen dengan raihan 12 poin. Sedang The Gunners harus puas bertahan di peringkat 10 dengan raihan 10 poin dari enam kali bertanding. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo