Kepri

Mulai Bergairah Lagi, Kapal ke Batam Setiap 45 Menit

Aktivitas di Pelabuhan SBP Tanjungpinang meningkat 50 persen sejak sajak satu bulan terakhir, Kamis (5/11/2020). (F.Peri Irawan / batampos.id)

batampos.id- Aktivitas penyeberangan kapal feri dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju Pelabuhan Telagapunggur, Batam saat ini mulai lebih bergairah. Kapal berangkat sudah setiap 45 menit. Hal itu karena lonjakan penumpang dalam satu bulan terakhir mengalami peningkatan hingga 50 persen.

Petugas Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Marta Wilaya mengatakan saat ini aktivitas kapal untuk tujuan Batam sudah mulai ramai, Kapal Oceana delapan trip dan Kapal Marina lima trip satu hari. “Itu PP (pulang-pergi) Batam-Pinang ya,” kata Marta, Kamis (5/11).

Saat ini rekap satu hari penumpang dalam satu hari bisa mencapai 2.000 penumpang untuk ke Batam, jumlah itu meningkat sekitar 50 persen dari satu bulan sebelumnya hanya 800 penumpang. “Ada peningkatan lebih kurang 50-60 persen satu bulan ini,” ujarnya.

Rute kapal setiap 45 menit itu sudah dimulai sejak satu bulan belakang ini karena ada peningkatan aktivitas penumpang, walaupun lebih cepat berangkat pembatasan penumpang saat ini masih diberlakukan, hanya diisi maksimal 60 persen dari kuota kapal.

“Kalau kapasitas kapal 200, kita isi 110 saja, masih diberi batasan termasuk penggunaan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke kapal,” ungkapnya. Meski demikian, kata Marta waktu keberangkatan bisa saja berubah hingga satu jam jika penumpang masih sangat sedikit, namun saat ini dalam satu hari setiap berangkat ke Batam rata-rata 100 penumpang setiap keberangkatan. “Saat ini ke Batam satu hari ada 13 trip,” tambahnya. (*)

Reporter: Peri Irawan

Editor: Tunggul