Nasional

Dewan Pendiri Tetap Lanjutkan Mubes Ikabsu

Yang Pro dan Kontra Diajak Rekonsiliasi Saat Mubes

Dewan Pendiri Ikabsu, Asron Lubis (memegang draft asli kepengurusan Ikabsu) foto bersama pengurus dan carateker Mubes IV Ikabsu di Lim Kopi, Rabu (4/11). (Iman Wachyudi/Batam Pos)

batampos.id – Dewan Pendiri Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (Ikabsu), Asron Lubis bersama dewan pembina, menegaskan tetap melanjutkan mubes IV yang dilaksaakan oleh carateker yang telah ditunjuk, guna mengisi kevakuman kepengurusan organisasi kebanggaan masyarakat asal Sumatera Utara itu.

“Saya anggota formatur Mubes III Ikabsu tahun 2014 lalu. Draft asli kepengurusan masih ada saya simpan, periode kepengurusan 2014-2019. Sejak November 2019 telah terjadi kevakuman, sehingga perlu digelar mubes,” ujar Asron didampingi pengurus lama dan beberapa pengurus ikatan keluarga (Ika) paguyuban kabupaten kota Sumatera Utara di Lim Kopi, Rabu (4/11).

Jika mantan Ketua Umum Ikabsu, Nutherin Sihaloho mengklaim masa kepengurusannya 2015-2020, Asron mengklaim pihaknya sudah mengundang unsur KSB (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara) Ikabsu via WhatsApp (WA) rapat persiapan Mubes IV Ikabsu pada 28 Oktober 2020 di Begawan Kupie.

“Yang diutus Sekretaris Umum Ikabsu Fisman F. Gea. Akhirnya terbentuklah carateker, dasarnya pasal 22 AD/ ART Ikabsu. Jika ada yang pro dan kontra, mari kita duduk rekonsiliasi mengedepankan persatuan dan kesatuan membesarkan Ikabsu,” ujar Asron bijak.

Asron berasalan, Ikabsu tidak boleh vakum karena kegiatan-kegiatan sosial harus terus berjalan. Bahwa ada beberapa yang keberatan, menurut Asron, ada forum penyelesaiannya nanti di mubes yang diselenggarakan carataker ini.

“Silakan datang, sampaikan aspirasi. Termasuk jika ingin mencalonkan diri, semua punya hak sepanjang memenuhi syarat AD/ART,” tambahnya.

Sebagai pendiri, Asron cs menyatakan carateker yang sudah diangkat agar terus bekerja, dan mubes harus dilaksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. “Kita berharap sebelum akhir tahun 2020, sudah ada pengurus definitif,” harap Asron.

Lima orang carateker Mubes IV Ikabsu terdiri Fisman F Gea unsur KSB, Ferry Manalu unsur pengurus dewan pakar, Niko Nixon Situmorang unsur pengurus wakil ketua, Juanda Surbakti unsur pengurus, dan Indra Mora Hasibuan unsur Ika paguyuban.

“Secara prosedur organisasi sudah betul dilalui. Kalau beda persepsi periode kepengurusan, mari kita diskusi duduk bersama untuk mencapai kesepahaman. Tujuan kita fokuskan mengangkat marwah Ikabsu,” ajak Asron.

Carateker Mubes IV Ikabsu, Juanda Surbakti mengurut ke belakang, pada Mubes III Ikabsu 2014 lalu, dirinya selaku ketua pelaksana (organizing committee). Ketua Ikabsu saat itu Djasarmen Purba.

“Saya saksi sejarah ketua pelaksana mubes III, sekaligus ketua formatur pembentukan pengurus. Starting point kepengurusan tahun 2014-2019. Masih ada bukti. Artinya, saat ini dewan pendiri mengevaluasi terjadi kevakuman organisasi, sehingga mengambil alih sesuai pasal 22 AD/ ART dengan membentuk carateker,” terang Juanda.

Asron kembali menegaskan, mubes dilakukan untuk menyelamatkan organisasi dari kevakuman. “Selama ini, tak ada rapat kerja (raker). Ini semua harus introspeksi dan dibenahi. Kalau ada pro dan kontra, itu wajar mari kita duduk bersama,” pesan Asron.

Sementara itu, tiga Ika paguyuban Sumatera Utara yaitu Tomson Siregar dari Ika Kota Medan, Agus Situmeang dari Ika kabupaten Humbasang, dan Rudi Hartono Harahap dari Ika Kabupaten Paluta memberikan dukungan, agar Mubes IV Ikabsu terus berlanjut.

“Jika mantan Ketua Nutherin ingin mencalonkan diri lagi, silakan ikuti prosedur. Kami tidak menerima ada dualisme di dalam organisasi, dan tidak mau menerima perpecahan. Ini yang sangat-sangat harus kita jaga di bumi Melayu ini,” ujar Agus Situmeang.

Tak lupa, Rudi Hartono menambahkan, ucapan terima kasih kepada mantan Ketua Umum Ikabsu, Nutherin yang telah memimpin organisasi rumah besar perantauan Sumatera Utara ini.

“Walaupun selama masa jabatan Ika – Ika tidak pernah diajak rapat atau kegiatan sosial lainnya, tetapi kami tetap mendukung Mubes IV Ikabsu harus dilaksanakan sesuai keputusan Dewan Pendiri bersama Dewan Pembina IKABSU,” tegasnya. (*)

Reporter: Anwar Saleh 
Editor     : Jamil Qasim