Internasional

AS Catat Rekor Baru 102.591 Kasus Covid-19 Pascapemilu

Pemilih menunggu selama hampir empat jam untuk memberikan suara mereka pada pemilu dini di tempat pemungutan suara di Edmond, Oklahoma, Amerika Serikat, Kamis (29/10/2020). (F.Antar/Reuters/Nick Oxford/PRAS/djo)

batampos.id – Amerika Serikat mencatat rekor harian kasus Covid-19 pada Rabu (4/11/2020), dengan sedikitnya 102.591 kasus bersamaan ketika rumah sakit di sejumlah negara bagian melaporkan peningkatan jumlah pasien, menurut hitungan Reuters. Sembilan negara bagian yang mencatat rekor lonjakan harian Covid-19 pada Rabu yakni, Colorado, Idaho, Indiana, Maine, Michigan, Minnesota, Pulau Rhode, Washington serta Wisconsin.

Pandemi berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan Amerika, termasuk rekor jumlah pemilih yang memberikan suaranya pada pilpres Selasa, yang hasilnya belum diputuskan. Selain lonjakan kasus, rawat inap rumah sakit juga mencapai 50.000 untuk pertama kalinya dalam tiga bulan pada Selasa.

Dakota Utara melaporkan hanya enam tempat tidur ICU pada Rabu, ketika menjadi satu dari 14 negara bagian yang melaporkan rekor jumlah pasien rawat inap Covid-19.Rawat inap merupakan metrik utama, sebab tidak berpengaruh pada jumlah tes yang dilakukan.

Proporsi tes kembali positif lebih besar dari 50 persen di Dakota Selatan dan 40 persen lebih di Iowa dan Wyoming. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa tingkat lebih dari 5 persen mengkhawatirkan, sebab mengindikasikan penularan komunitas yang tak terdeteksi.

Kematian Covid-19 cenderung lebih tinggi, namun tidak sejajar dengan tingkat kasus. Amerika Serikat kini mengalami rata-rata kematian 850 sehari, naik dari 700 bulan lalu. Wabah Covid-19 menghantam secara dahsyat di Amerika Serikat Barat Tengah, berdasarkan kasus per kapita dalam beberapa pekan terakhir.

Illinois mengkonfirmasi 48.579 kasus dalam tujuh hari terakhir, lebih tinggi dari negara bagian lainnya. Texas, yang jumlah penduduknya dua kali lipat lebih banyak, mencatat 47.932 kasus. Sementara, California dan Florida masing-masing melaporkan sekitar 30.000 kasus. Sebelumnya AS mencatat rekor 100.233 kasus harian Covid pada 30 Oktober, jumlah tertinggi yang yang pernah dilaporkan dari seluruh dunia.(*)

Reorter : Antara
Editor : Dede Hadi