For Her

Bahas Penggunaan Uang

Persiapan Sebelum Menikah

Ilustrasi: Aldi Taher kala melamar kekasihnya, Salsabilih. (F.JawaPos.com/Istimewa)

batampos.id – Menikah diharapkan satu kali seumur hidup. Maka agar pernikahan bisa langgeng dan sudah mantap dilaksanakan, sebaiknya Anda mempersiapkan dan membicarakan tiga hal krusial sebelum menikah seperti dilansir dari YourTango, Rabu (4/11).

1. Kendalikan uang

Baik saat berpacaran atau telah menikah selama 20 tahun, penting untuk selalu bijak dalam mengendalikan uang. Dalam pernikahan, kita harus berada pada halaman yang sama dengan pasangan tentang bagaimana uang digunakan. Tetapkanlah kesepakatan soal uang atau pengeluaran sehingga saat berumah tangga nanti tidak ada konflik soal uang.

Misalnya, siapa yang akan membayar tagihan? Berapa banyak uang yang akan Anda belanjakan dan untuk apa? Bagaimana Anda akan membuat keputusan tentang pengeluaran besar? Cobalah ambil keputusan bersama untuk membahas soal uang.

2. Pelajari keterampilan komunikasi

Mempelajari cara berkomunikasi secara efektif dengan pasangan sangatlah penting. Itu adalah sesuatu yang benar-benar harus dipahami. Menikah artinya harus memahami hati masing-masing pasangan. Saling pengertian harus dibangun.

Cobalah melatih diri untuk selalu berkomunikasi dengan pasangan. Maka mendengarkan dengan lebih baik dan berbicara dengan lebih baik, akan lebih mudah memahami pasangan Anda.

3. Bangun hubungan berdasarkan kepercayaan

Bukan hanya saling percaya, tetapi ternyata keimanan dan keyakinan juga bisa menjadi fondasi rumah tangga. Ada ungkapan saat melamar pasangan yakni ‘saya ingin jadi imam kamu’ atau sebaliknya.

Maka dengan saling menguatkan dengan rasa saling percaya dan teguh soal keyakinan, rumah tangga akan lebih jelas arahya. Suami adalah pemimpin yang bisa menunjukkan sikap saleh. Sehingga perempuan atau istri akan bisa dibimbing ke arah yang baik. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung