Ekonomi & Bisnis

Jatuh Tempo 10 November 2022

Pemerintah Terbitkan Green Sukuk Ritel Seri ST007

Ilustrasi: Green Sukuk (Freepik)

batampos.id – Mulai Rabu 4 November 2020, sukuk tabungan seri ST007 mulai ditawarkan. Green sukuk ritel ini diterbitkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan ditawarkan hingga 25 November 2020.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman mengatakan, sukuk tabungan ini tidak bisa diperdagangkan. Adapun, jatuh temponya pada 10 November 2022 mendatang.

“Tidak bisa diperdagangkan selama 2 tahun tapi nanti ada jendela, kesempatan redemption di pertengahan tahun,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (4/11).

Luky menjelaskan, jenis imbalan atau kupon yang yang ditawarkan ialah mengambang dengan imbalan atau kupon minimal (floating with floor) dengan tingkat imbalan acuan BI 7 days repo rate.

Periode pertama yang akan dibayar pada tanggal 10 Januari 2021 dan tanggal 10 Februari 2021 berlaku kupon sebesar 5,5 persen yakni BI 7 days reverse repo rate pada saat penetapan 4 persen ditambah spread yang ditetapkan 150 bps. Spread ini berlaku tetap 150 bps sampai dengan jatuh tempo.

Tingkat kupon untuk periode 3 bulan pertama sebesar 5,5 persen tersebut berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor). Tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo.

“Kalau nanti BI rate turun misalnya karena dia floating harusnya ikut turun, tapi ada floor-nya jadi tidak bisa lebih rendah dari 5,5 persen. Kalau BI rate naik, nanti bisa disesuaikan, dan disesuaikannya per 3 bulan,” tutupnya. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung