Sport

Nadal Catatkan Kemenangan ke-1.000 di Turnamen ATP

Petenis Spanyol Rafael Nadal berpose dengan trofi kemenangan ke-1.000 turnamen ATP, Kamis (5/11). (F. Franck Fife/AFP)

batampos.id – Petenis asal Spanyol berhasil mencatatkan rekor baru dalam turnamen Paris Masters 2020. Rafael Nadal memastikan kemenangan ke-1.000 di turnamen ATP.

Unggulan teratas turnamen Paris Masters 2020 ini menang atas lawannya Feliciano Lopez, Kamis (5/11) WIB. Nadal menang di pertandingan babak kedua dengan skor 4-6, 7-6(5), 6-4, setelah mendapat bye di babak pertama.

“Satu hal negatif tentang 1.000 kemenangan adalah anda sangat tua karena untuk memenangkan 1.000 pertandingan, harus punya karier yang sangat panjang, tetapi saya sangat bahagia,” seloroh Nadal. “Artinya, saya telah melakukan banyak hal dengan benar,” tambahnya setelah pertandingan sebagaimana dilansir Reuters.

Nadal menjadi petenis keempat yang meraih 1.000 kemenangan tunggal di Open era, di belakang Jimmy Connors (1.274), Roger Federer (1.242) dan Ivan Lendl (1.068).

“Saya bangga dengan banyak hal, tetapi saya menghadapi beberapa tantangan dalam karir seperti halnya cedera. Ini merupakan pencapaian besar untuk bermain di usia 34,” katanya menambahkan.

Dalam laga ini sebetulnya Nadal melakukan start yang buruk, kalah dalam servis game pembukaan. Lopez memenangkan 93 persen poin servis pertamanya yang tidak terduga, dan juga mengirimkan delapan ace di set pembuka.

“Itu adalah pertandingan yang sangat sulit, dan saya memulai dengan cara yang paling buruk karena berada di bawah banyak tekanan sepanjang pertandingan,” beber Nadal.

Nadal menguasai set kedua dan memaksa melanjutkan pertandingan ke set penentu. Ia mematahkan servis Lopez pada servis game pertama set ketiga dan kemudian menutup pertandingan dengan kemenangan.

Selanjutnya juara Grand Slam 20 kali ini akan bertemu petenis Australia Jordan Thompson di babak 16 besar. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo