Politika

Awasi Pelaksanaan Pilkada, Bawaslu Bintan Libatkan RT-RW

Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan, Febriadinata memberikan sosialisasi pengawasan pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 ke perwakilan forum RT RW di Bhadra Resort, Bintan, Kamis (5/11/2020). (F. Bawaslu Bintan untuk batampos.id)

batampos.id- Perwakilan forum RT-RW yang ada di Kabupaten Bintan mengikuti sosialisasi pengawasan pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 yang digelar Bawaslu Bintan di Bhadra Resort, Bintan, Kamis (5/11/2020).

Bawaslu berharap RT RW turut terlibat dalam mengawasi tahapan-tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) dan mencegah terjadinya pelanggaran di wilayahnya.

“Kegiatan ini kita dan RT RW saling sharing informasi, tapi Bawaslu berharap peran aktif RT RW ikut mengawasi pelaksanaan pilkada dan mencegah terjadinya pelanggaran,” ungkap Ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata.

Tidak hanya itu, Febriadinata mengatakan, pihaknya memberikan bekal pengetahuan ke RT RW terkait pelaksanaan tahapan – tahapan pilkada yang sudah berjalan maupun yang akan berlangsung nantinya.

“Setidaknya RT RW mendapat bekal pengetahuan mulai regulasi pelaksanaan kampanye yang dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu maupun peserta pemilu. Juga, aturan larangan dalam kampanye dan sanksi pidana yang diatur jika melanggar ketentuan,” jelas Febriadinata.

Dijelaskannya alasan melibatkan ke RT RW, karena mereka wakil dari masyarakat yang dipilih masyarakatnya di tempat tinggalnya.

Sehingga diharapkan dapat memberikan informasi yang positif terhadap pelaksanaan Pilkada di masa pandemi covid-19. “Kita harapkan RT RW turut bersama Bawaslu menjaga pelaksanaan pemilihan kepala daerah di wilayahnya berjalan dengan lancar, tertib dan kondusif,” ujarnya. (*)

Reporter: Slamet

Editor: Tunggul