Internasional

Kapal Ikan Berbendera Tiongkok Tujuan Argentina Kandas di Perairan Takong, Kepri

 Kapal PPLP Tanjunguban Standby di Lokasi Kapal Kandas

Kapal Lurongyuanyu 988 kandas di perairan Takong, dekat sekitar Pulau Nipah. Kapal KPLP terus memantau di dekat lokasi kapal kandas. (f.ist untuk batampos.id)

batampos.id– Kapal ikan berbendera Tiongkok Lurongyuanyu 988 kandas di perairan Takong, dekat sekitar Pulau Nipah, Kepri, Kamis (5/11/2020) malam. Kepala PPLP Tanjunguban Capt Handry Sulfian mengatakan, kandasnya kapal yang berlayar dari Pelabuhan Uruguay dengan tujuan Argentina ini diketahui PPLP Tanjunguban, Kamis (5/11) malam. “Kapal sempat transit di Singapura untuk isi BBM,” ujarnya.

Selanjutnya, ia memerintahkan KN Rantos P 210 mengecek ke lokasi kandasnya kapal tersebut. “Malam itu juga KN Rantos bergerak ke lokasi,” katanya. Selain itu, ia mengatakan, PPLP Tanjunguban melalui KN Rantos berkoordinasi dengan Batam VTS lewat radio. “Kita koordinasi untuk memastikan lokasi kapal yang kandas,” ujarnya.

Dari koordinasi itu, diketahui koordinat posisi kapal yang kandas menurut GPS  01-06-669 N / 103-41-290 E di perairan Takong, sekitar perairan Nipah. KN Rantos tiba di lokasi sekira pukul 03.00 WIB, Jumat (6/11/2020). Dan kapal milik PPLP Tanjunguban itu menemukan kapal yang kandas di perairan Takong.

Pihak PPLP Tanjunguban bersama kru kapal saat memeriksa dokumen kapal yang kandas di perairan Takong, sekitar perairan Nipah, Jumat (6/11/2020) pagi dini hari. (F.Kiriman PPLP Tanjunguban untuk batampos.id)

Setelah dilakukan pemeriksaan, ia mengatakan, kapal itu ber GT 498 bendera Singapura. Kapal bergerak dari pelabuhan asal Uruguay tujuan Argentina tapi transit di Singapura untuk isi BBM. “Sementara dokumen kapal sudah diamankan,” katanya.

Saat ini, ia mengatakan, pihaknya standby dan lego jangkar di perairan Takong, lokasi kapal kandas untuk melakukan pengawasan dan pengamanan termasuk bantuan SAR di lokasi kapal yang kandas. (*)

Reporter: Slamet

Editor: Tunggul