Politika

Kunjungan Isdianto ke Ruli Baloi Kolam, Komitmen Hak Dasar Masyarakat Lapis Bawah

Calon Gubernur Kepri, Isdianto foto bersama warga Ruli Baloi Kolam, Kamis (6/11). (Dok Timses Insani)

batampos.id – Calon Gubernur Kepri nomor urut 2, H Isdianto yang juga adik kandung Gubernur almarhum Sani ayah kita, ini mengunjungi kawasan pemukiman warga rumah liar (ruli) Baloi Kolam, Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota, Kamis (5/11) sore.

Calon Gubernur Isdianto yang maju berpasangan dengan Suryani atau biasa disapa Insani, menyapa warga Ruli Baloi Kolam di RT 1, 2, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan RW 16. Isdianto dielu-elukan warga, mengingatkan memori warga pada almarhum Gubernur Sani yang lima tahun lalu pernah berkunjung ke ruli Baloi Kolam.

Seluruh warga yang pada saat itu dijumpai Isdianto menyatakan bahwa mereka mendukung dan siap memenangkan paslon Isdianto-Suryani pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Sahat Tampubolon, warga RT 3 RW 16 Ruli Baloi Kolam, mengatakan kedatangan Isdianto membanggakan warga setempat. “Kami titipkan harapan pada Pak Isdianto, bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat lapis bawah. Kami mendukung Pak Isdianto, karena waktu almarhum abangnya HM Sani menjadi Gubeenur Kepri, pembangunan berdampak pada masyarakat kecil,” ujar Sahat.

Hal yang sama juga dikatakan Gultom. Karena menurutnya, baru Isdianto satu-satunya pemimpin Kepri yang mau datang menjumpai warganya secara langsung.

“Kami sangat bangga dan senang Pak. Kami akan kompak dan bersama-sama nantinya memilih dan memenangkan bapak,” ungkap Gultom.

Mendapat harapan dari warga, calon Gubernur Kepri Isdianto menyatakan dirinya siap pasang badan dan memperjuangkan warga ruli Baloi Kolam, bila nantinya direlokasi tanpa kejelasan dan pengganti lokasi tempat tinggal yang layak.

“Tetapi, kalau ada tempat pengganti yang disediakan layak, itu lain cerita. Jika tidak, saya berada di depan bapak dan ibu semuanya, karena saya paham dengan apa yang dirasakan orang susah,” terang Isdianto.

Untuk memperjuangkan harapan warga itu, Isdianto mohon dukungan semua elemen masyarakat Kepri pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, agar visi dan misi Insani membangun Kepri terwujud.

Isdianto Komitmen Hak Dasar Masyarakat

Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Insani, Uba Ingan Sigalingging, mengatakan kunjungan Isdianto ke ruli Baloi Kolam untuk memastikan komitmen pemenuhan hak dasar masyarakat kecil di lapisan paling bawah di ruli.

Hal ini berkaitan dengan visi misi Insani fokus pengembangan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, seperti kesepakatan 189 negara di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dideklarasikan dalam milenium development goal’s (MDGs).

Hak-hak dasar itu bahwa pembangunan harus mencapai kesejahteraan masyarakat. Indikatornya pemenuhan pemukiman yang layak, terpenuhinya pangan, pendidikan yang terjangkau, pelayanan kesehatan yang murah, rendahnya tingkat kematian ibu dan anak, kesetaraan gender, dan sebagainya

“Hal itu penting, karena visi dan misi Paslon Insani itu disamping berbicara untuk kepentingan seluruh masyarakat di Kepri, tetapi harus memiliki keberpihakan langsung,” ujar Uba Ingan Sigalingging.

Dijelaskan Uba, seperti contoh program pendidikan yang memberikan SPP gratis kepada siswa tingkat SMA atau SMK sederajat, baik itu negeri maupun swasta.

Selanjutnya, kesehatan dalam menjamin masyarakat yang belum memiliki BPJS Kesehatan, karena saat ini akibat pandemi covid-19 banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran. Persoalan pendidikan dan kesehatan itu sangat penting sekali. Begitu juga dengan keberpihakan tenaga kerja lokal.

Pihaknya menyampaikan kepada masyarakat, agar mengetahui visi dan misi Isdianto. Begitu juga dengan Isdianto mengetahui kondisi secara rill masyarakat Kepri.

“Inilah alasan kami mengapa Isdianto turun ke pemukiman-pemukiman warga di Kepri. Kami merasa senang, karena masyarakat memberikan sambutan yang luar biasa atas komitmen-komitmen Pak Isdianto melalui visi dan misinya,” ujar Uba. (*)

Reporter: Anwar Saleh
Editor : Jamil Qasim