Home

BPN Usulkan Pembangunan Ruangan Arsip

Kepala Kantor Wilayah BPN/ATR Kepri, Askani (kiri) memberikan keterangan, Jumat (6/11/2020).

batampos.id – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum menanggapi permintaan BPN/ATR Batam terkait usulan pembangunan fasilitas berupa ruangan arsip di tahun 2021 mendatang.

“Tadi disampaikan Pak Kakanwil butuh ruangan arsip, nanti kita akan coba lihat di usulannya di APBD tahun 2021,” kata dia, Jumat (6/11/2020).

Ia menjelaskan karena kondisi pandemi Covid-19 keuangan Pemko Batam tidak seperti tahun sebelumnya, meskipun begitu ia akan mencoba mengakomodir permintaan dari Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN/ATR) ini. Menurutnya selama ini BPN cukup berperan dalam pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batam.

“Saya dengar dari Pak Kakanwil untuk pembangunan membutuhkan biaya Rp 12 miliar, dengan target BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) yang mencapai Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar saya rasa tidak ada masalah itu. Karena harus ada timbal balik lah. Pak Rudi katanya sudah setuju waktu beliau menyampaikan usulan ini sejak tahun lalu. Tinggal kita lihat nanti di APBD,” jelasnya.

Kepala Kantor Wilayah BPN/ATR Kepri, Askani mengatakan usulan pembanguan ruangan arsip sudah disampaikan sejak tahun lalu. BPN membutuhkan ruangan arsip guna menunjang pelayanan kepada masyarakat.

ā€¯Usulan waktu itu sudah disetujui. Kapan pun dibangun kami tidak ada masalah, yang penting jadi ruangan arsipnya,” Kata Askani.

Ia menyebutkan usulan yang disampaikan kepada Pemerintah Kota Batam untuk mendukung pelayanan. Menurut dia, semakin bagus ruangan pelayanan, akan berdampak pada kepuasan pemohon yang datang urus berkas.

“Saya usulkan untuk pelayanan saja. Mudah-mudahan tahun depan pelayanan semakin bagus dan berdampak pada PAD lebih banyak lagi,” imbuhnya. (*)

Reporter: Yulitavia
Editor: Andriani Susilawati