Internasional

Kantor Pos AS: 1.700 Surat Suara Ditemukan di Fasilitas Pennsylvania

Pendukung Trump, Robert Burck, yang juga dikenal dengan Naked Cowboy, ditantang pengunjuk rasa pada aksi “Count Every Vote” sehari seetlah pemilu AS di kawasan Manhattan, Kota New York, New York, Amerika Serikat, Rabu (4/11/2020). (F.Antara/Reuters/Carlo Allegri/NZ/djo)

batampos.id – Kantor Layanan Pos Amerika Serikat (USPS) mengatakan sekitar 1.700 surat suara telah diidentifikasi di Pennsylvania di fasilitas pemrosesan selama dua kali penyisiran pada Kamis dan sedang dalam proses pengiriman ke pejabat pemilihan. Dalam pengajuan dokumen pengadilan pada Jumat dini hari, USPS menyebut sekitar 1.076 surat suara telah ditemukan di Pusat Pemrosesan dan Distribusi USPS Philadelphia.

Sekitar 300 surat suara ditemukan di fasilitas di Pittsburgh, 266 di fasilitas di Lehigh Valley dan sisanya di sejumlah pusat pemrosesan Pennsylvania. Surat suara harus diterima selambat-lambatnya Jumat malam di Pennsylvania untuk dapat masuk dalam penghitungan. Suara untuk pemilihan presiden AS masih sengit dan Pennsylvania adalah salah satu negara bagian yang masih bimbang.

Sekitar 500 surat suara juga ditemukan di Carolina Utara selama penyisiran, kata USPS pada Jumat (6/11/2020). Hakim Distrik AS Emmett Sullivan pada Kamis telah meminta adanya penyisiran dua kali dalam sehari di fasilitas-fasilitas USPS yang melayani negara bagian dengan tenggat waktu penerimaan surat suara yang diperpanjang, bersamaa dengan suara yang masih dihitung di negara bagian yang menjadi medan pertempuran pilpres AS.

Beberapa negara bagian, termasuk Nevada dan Carolina Utara, menghitung surat suara yang diterima setelah hari pemilihan, dengan syarat surat tersebut dibubuhi cap pos pada hari Selasa. Para pengacara mengatakan pada sidang pengadilan pada Kamis bahwa USPS telah mengirimkan sekitar 150.000 surat suara pada hari Rabu.

“Sebagian besar akan dikirim ke negara bagian dengan cap pos dan akan dikirim tepat waktu di bawah undang-undang pemilihan negara bagian,” kata USPS. Sullivan mengatakan pusat pemrosesan harus melakukan penyisiran pagi dan penyisiran sore “untuk memastikan bahwa surat suara lokal yang teridentifikasi dapat dikirimkan hari itu.”

Sullivan mengeluarkan perintah terpisah yang mewajibkan USPS untuk “berkoordinasi dengan semua Dewan Pemilihan daerah di Carolina Utara atau Pennsylvania” untuk mengirimkan semua surat suara “sebelum pukul 17.00 waktu setempat di Carolina Utara atau Pennsylvania” pada hari Jumat.

Surat suara masih dihitung oleh pejabat pemilihan di negara bagian yang menjadi medan pergulatan para kandidat capres setelah pemungutan suara ditutup pada hari Selasa dalam salah satu pemilihan paling tidak biasa dalam sejarah AS akibat pandemi virus Corona. Kandidat Demokrat Joe Biden memotong tajam ke dalam kepemimpinan Presiden Republik Donald Trump di Pennsylvania dan Georgia. Mantan wakil presiden tersebut mempertahankan margin tipis di Nevada dan Arizona.(*)

Reporter : Antara
Editor : Dede Hadi