Home

Masyarakat Bisa Cek Harga Tanah di Situs Web BPN

Warga mengakses situs web bhumi.atrbpn.go.id dari telepon pintar untuk melihat range zona harga nilai tanah di Batam, Jumat (6/11/2020). (F. Yulitavia/Batam Pos)

batampos.id – Pasca diluncurkan pembaharuan atau updating zona nilai tanah (ZNT) Batam sudah bisa diakses melalui bhumi.atrbpn.go.id dari telepon pintar. Website akan menampilkan range zona harga nilai tanah di wilayah yang dipilih.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN)/ATR Batam, Memby Untung Pratama mengatakan masyarakat bisa mengakses harga nilai tanah berdasarkan wilayah yang dipilih. Seperti Batam Center akan menampilkan range zona kisaran harga Rp 2 juta sampai Rp 5 juta.

“Jadi memang tidak bisa selengkap aplikasi ZNT. Namun secara garis besar masyarakat bisa lihat range harganya di situs tersebut,” ujarnya.

Namun jika, masyarakat ingin mengetahui lebih detail bisa langsung mendatangi kantor BPN Batam atau PPAT yang sudah menjadi mitra BPN dan mengajukan permohonan layanan.

Memby menambahkan, untuk saat ini akses aplikasi ZNT memang masih terbatas dan belum dibuka untuk publik. Hal ini masih menunggu aturan dari pusat.

“Jadi yang bisa akses ini punya id khusus. Sekarang masih terbatas. Mudah-mudahan ke depan nanti kemudahan informasi ini bisa diakses masyarakat Batam,” ujarnya.

Survei zona nilai tanah ini melibatkan 387 titik sampel yang ada di Mainland atau perkotaan dengan 128 zona. Penetapan ZNT berdasarkan pertanian dan non pertanian serta zona yang dipengaruhi fasilitas sosial, umum, dan faktor pendukung lainnya seperti infrastruktur jalan.

Proses pembaharuan sudah dimulai sejak Juli hingga Agustus lalu. Survei nilai tanah ini dilakukan dengan cara mengambil sampel dan wawancara dengan masyarakat. Berdasarkan hasil survei ZNT, Tanjungpiayu merupakan kelurahan dengan nilai tanah termurah yaitu Rp 501.025 per meter persegi, sedangkan yang termahal di Sukajadi Rp 12.209.533 meter persegi. (*)

Reporter: Yulitavia
Editor: Andriani Susilawati