Total Football

Tottenham Raih Tiga Poin, Kane Cetak Gol ke-200

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane mendapat ucapan selamat usai mencetak gol ke-200nya bersama Tottenham dalam laga lanjutan Liga Europa melawan Ludogorets Razgrad, Jumat (6/11). (F. Nikolay Doychinov/AFP)

batampos.id – Gol ke-200 Harry Kane membawa Tottenham meraup tiga poin saat bertandang ke maskas Ludogorets dalam laga putaran ketiga Grup J Liga Europa di Stadion Huvepharma Arena, Razgrad, Bulgaria, Jumat (6/11). Dalam laga itu, Tottenham menundukkan tuan rumah dengan skor 1-3.

Tottenham mengawali keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Harry Kane saat laga baru berjalan 13 menit. Gol yang dicetak Kane melalui sundulan kepala setelah memanfaatkan sepak pojok Lucas Moura menjadi gol ke-200-nya bersama Tottenham.

Gol ini juga mengantarkan kapten tim nasional Inggris itu berada di urutan ketiga daftar pencetak gol terbanyak Tottenham. terpaut delapan gol di belakang Bobby Smith dan 66 gol dari top skor sepanjang masa Jimmy Greaves.

Striker Tottenham Hotspur Lucas Moura (tengah) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Ludogerets bersama rekan-rekannya dalam laga lanjutan Liga Europa, Jumat (6/11). (F. Nikolay Doychinov/AFP)

Di menit ke-32 ganti Kane yang berkolaborasi dengan Lucas Moura untuk menambah keunggulan Tottenham. Umpan silang kane berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh Moura dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Tuan rumah sempat memperkecil ketertinggalan lewat tembakan voli Claudiu Keseru lima menit selepas sepak lanjut babak kedua. Namun, Tottenham mampu meredam momentum kebangkitan Ludogorets ketika Son Heung-min berhasil memancing kiper Plamen Illiev meninggalkan sarangnya, lantas mengirimkan umpan tarik ke arah Giovani Lo Celso yang tinggal menceploskan bola ke gawang tak bertuan pada menit ke-62.

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane. (F. Nikolay Doychinov/AFP)

Meski berhasil mencatatkan namanya dalam peringkat ketiga pencetak gol terbanyak Tottenham, Kane mengaku tak terlalu memikirkannya. Dalam wawancara paska laga, Kane menjelaskan belum saatnya untuk bicara mengenai rekor pencetak gol terbanyak Tottenham.

“Itu tidak ada dalam pikiran saya,” kata Kane kepada BT Sport. “Itu adalah sesuatu yang akan diberitahukan kepada saya setelah saya melakukannya. Ini semua adalah hal-hal hebat. Agak sulit untuk menerima (rekor) saat Anda masih bermain. Setelah Anda pensiun, Anda akan menerima semuanya,” tambahnya.

Hingga kini, Kane telah mencetak 121 gol untuk Lilywhites dengan kaki kanannya, 44 dengan kaki kiri dan 34 dengan kepala, ditambah satu gol dengan bagian tubuh lainnya. Sebanyak 177 gol Kane diciptakan di dalam kotak penalti dan 23 lainnya dari luar.

“Waktu berjalan sangat cepat, rasanya seperti kemarin saya mencetak gol pertama untuk Spurs. Pencapaian yang luar biasa bisa mencapai 200 gol, tetapi yang pasti mudah-mudahan masih bisa mendapatkan beberapa gol lagi,” tutur Kane.

Sementara itu, pelatih Tottenham Hotspur Mourinho mengatakan jika Kane sudah layak disebut legenda klub, meski terbilang masih muda. “Angka-angka (gol) itu membuatnya menjadi legenda klub. Apa yang ia capai sangat bagus untuk pemain muda seperti itu,” ujar pelatih asal Portugal itu.

Kendati menang, Tottenham tak beranjak dari posisi kedua klasemen dengan koleksi enam poin. Pasalnya, Antwerp yang juga punya jumlah poin yang sama mengalahkan mereka pekan lalu.

Antwerp berpeluang memantapkan posisi mereka di puncak ketika menjamu wakil Austria, LASK Linz, dalam pertandingan yang berlangsung lebih larut. Laga putaran keempat Grup J Liga Europa baru akan dimainkan pada 26 November setelah jeda internasional dan Tottenham akan bergantian menjamu Ludogorets di London. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo