Total Football

Duel Dua Tim Terluka

Everton vs Manchester United

Striker andalan Manchester United Marcus Rashford. (F. Phil Noble/POOL/AFP)

batampos.idThe Red Devils, julukan Manchester United, akan bertandang ke Goodison Park, markas Everton dalam lanjutan Premier League, Sabtu (7/11) WIB. Laga ini diramalkan akan berlangsung seru mengingat dua tim ini tengah mencari ‘pembalasan’ atas dua kekalahan mereka di dua laga sebelumnya.

United kalah dalam laga melawan Arsenal di kandang, Sabtu (31/10) pekan lalu dalam lanjutan Premier League. Gagal menang atas tamunya, United kembali menelan kekalahan atas tuan rumah Istanbul Basaksehir, Kamis (5/11) di ajang Liga Champions.

Kekalahan di ajang Premier League semakin mendekatkan Setan Merah dengan zona degradasi. Tim asuhan Ole Gunar Solskjaer ini menduduki peringkat 15 dengan raihan tujuh poin.

Jika sampai Setan Merah gagal meraih poin maksimal, bukan tidak mungkin klub asal Manchester ini akan masuk dalam zona degradasi. Jika demikian akan sulit bagi Ole, panggilan akrab Solskjaer, untuk bisa menyelamatkan diri dari pemecatan.

Di sisi lain, meski The Tofees, julukan Everton, berada di posisi keempat klasemen sementara Premier League, bukan berarti posisinya akan aman. Everton juga harus berjuang keras untuk bisa kembali ke persaingan puncak klasemen sementara.

Hanya saja kehilangan James Rodrigues dan kapten Seamus Coleman lantaran cedera memberikan dampak besar bagi pertahanan The Toofes. Yakni kalah lawan Liverpool, dan terbaru harus mengakui keunggulan Newcastle United.

Dan yang memberi konfidensi tinggi, The Toofes tak terkalahkan dalam tiga perjumpaan terakhirnya bersama United. Karenanya meski Ole menyadari posisinya sedang dalam bahaya, ia berharap anak asuhnya bisa memberikan hasil positif di laga akhir pekan ini.

“Dua hasil terakhir seperti pukulan ke arah perut. Satu-satunya cara yang saya tahu untuk meresponsnya, dan saya harap para pemain juga melakukannya, adalah beraksi bersama melawan Everton. Saya senang kami memiliki pertandingan pada Sabtu nanti,” tuturnya pada Goal.

“Hasil ini membuat kami mengalami banyak kemunduran. Kami harus mengecek realita ketika memainkan laga seperti ini. Kami harus tetap kuat,” tambah Ole.

Sedang pelatih Everton Carlo Ancelotti menilai timnya punya keuntungan lantaran lawannya tersebut memiliki jadwal yang lebih padat. hal ini menurutnya menjadi keuntungan tersendiri bagi anak asuhnya.

“Itu bisa menjadi sebuah keuntungan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, tim-tim papan atas punya jadwal yang sangat, sangat besar jadi itu sulit buat mereka sehingga kami bisa memanfaatkan aspek fisik ini,” ucapnya. “Tapi saya pikir kami bermain lebih baik ketika kami menjalani pertandingan tiap tiga hari sekali. Namun dari segi fisik, kami jelas punya keuntungan,” tegas Ancelotti. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo