Sport

GP Indonesia Jadi Cadangan, MGPA Klaim Bisa Tentukan Pelaksanaan Sendiri

Kalender MotoGP 2021.

batampos.id – Dorna sudah merilis kalender balap musim 2021 tadi malam (6/11). Total, 20 race (selengkapnya lihat grafis) bakal berlangsung sepanjang Maret–November tahun depan. Namun, ada satu seri yang masih lowong pada paro musim, yang akan diumumkan selanjutnya.

Satu-satunya seri reguler yang belum masuk kalender adalah GP Ceko. Selain itu, ada tiga lokasi yang menjadi sirkuit cadangan. Yakni, Sirkuit Algarve Portugal, Sirkuit Mandalika Indonesia, dan Sirkuit Igora Drive Rusia. Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika sedang dalam penyelesaian. Targetnya, akhir tahun ini lintasan sirkuit sudah rampung dikerjakan.

Meskipun hanya sebagai seri cadangan, otoritas Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklaim mendapatkan perlakuan khusus. ”Indonesia menentukan sendiri kapan waktu pelaksanaan yang terbaik menurut MGPA,” tulis pernyataan resmi otoritas MGPA tadi malam.

CEO MGPA Ricky Baheramsjah menyebut situasi saat ini memang tidak umum terjadi. Penyebabnya, masalah Covid-19 yang statusnya belum bisa dipastikan, setidaknya hingga enam bulan ke depan.

”Fokus kami tetap sama, yaitu menyelesaikan konstruksi dan proses homologasi serta kesiapan operasional untuk 2021,” papar Ricky.

Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harianto menambahkan, timnya akan memberikan pengumuman lanjutan terkait GP Indonesia yang dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Covid-19 menjadi masalah global yang harus dihadapi bersama.

”Kami tetap berpikir positif bahwa pandemi global akan menurun bersamaan dengan upaya pengembangan dan ketersediaan vaksin Covid-19,” sebut Happy.

Kalender musim 2021 yang sudah dirilis tadi malam menunjukkan tidak adanya potensi balapan ganda seperti yang berlangsung musim ini. Namun, rumor berkembang bahwa GP Qatar yang menjadi race pembuka bakal menggelar balapan ganda.

Sementara itu, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengungkapkan, kepastian balapan dengan penonton bergantung dengan kondisi pandemi Covid-19 di negara penyelenggara. Adapun, dari tiga sirkuit cadangan, Portimao masuk sebagai kalender revisi musim ini. Sementara itu, Mandalika sebenarnya disiapkan debut menggelar race pada 2021.

”Kami mencoba (musim, red) berlangsung kembali normal,” sebut Ezpeleta dilansit Crash. Dorna sudah berkomunikasi dengan setiap promotor GP untuk mempersiapkan seri berjalan dengan lancar meskipun harus menghadapi protokol superketat.

”Yang terpenting buat saya dan pesan yang ingin saya sampaikan adalah kami mencoba dan mempertahankan hari-hari (pelaksanaan, red) GP seperti sebelumnya,” lanjutnya. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung