Internasional

Penghitungan Suara Makin Tegang, Biden Nyaris Menang

Donald Trump dan Joe Biden bersaing ketat suaranya di dua negara bagian penentu yakni Pennsylvania dan Georgia. (F.JawaPos.com/Jim Watson/AFP)

batampos.id – Detik-detik menjelang akhir penghitungan suara hasil Pemilu Amerika Serikat segera diumumkan. Kedua pasangan yakni Donald Trump dan Joe Biden bersaing ketat suaranya di dua negara bagian penentu yakni Pennsylvania dan Georgia.

Menurut Associated Press, negara bagian Pennsylvania, yang memiliki 20 suara elektoral, kini telah menghitung 97 persen suara. Donald Trump saat ini memimpin tipis 18 ribu suara atas Joe Biden. Namun, surat suara yang masuk sebagian besar mendukung Biden dan ini mungkin juga akan terjadi. Peluang untuk Biden makin kuat.

Jika Biden memenangkan Pennsylvania, dia akan dengan mudah melewati angka ajaib 270 yang diperlukan untuk kunci Gedung Putih. Pennsylvania akan menjadi negara penentu kemenangan Biden.

Selain Pennsylvania, dilansir dari CNN Live, Jumat (6/11/2020), semua mata saat ini tertuju pada negara bagian Georgia di mana 99 persen suara untuk 16 suara pemilihan telah dihitung. Donald Trump sempat memimpin, tetapi Joe Biden telah menutup kesenjangan angka menjadi 1.200 suara.

Hasil penentu banyak diharapkan dari Pennsylvania. Pejabat pemilihan diharapkan segera merilis hasil di negara bagian penentu. Lalu saat ini Philadelphia di Pennsylvania sedang menghitung suara Trump.

Masing-asing kandidat harus mengantongi 270 electoral votes. Saat ini, Biden memiliki 253 suara elektoral. Jika dia memenangkan Pennsylvania, dia melewati batas 270 suara elektoral. Dan Biden akan menang dari Trump.(*)

Reporter : Jp Group
Editor : Dede Hadi