Home

Presiden Umumkan 6 Pahlawan Nasional, KAI Gratiskan Tiket untuk Nakes dan Guru

Menteri Sosial Juliari P. Batubara. (F. Poros Indonesia)

batampos.id – Perayaan hari pahlawan dirayakan oleh berbagai pihak. Kementerian Sosial rencananya akan mengumumkan enam tokoh yang akan dianugrahi gelar Pahlawan Nasional. Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan kursi gratis kereta jarak jauh bagi guru dan tenaga kesehatan.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menuturkan bahwa Presiden Joko Widodo akan menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Nama-nama yang mendapat gelar pahlawan tersebut tentunya sudah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan.

Keenam tokoh tersebut adalah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Macmud Singgirei Rumagesan, Raja Sekar dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto, Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, MR. SM. Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara, dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

”Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional akan digelar di Istana Negara pada 10 November pukul 10.00 WIB dengan Inspektur Upacara Presiden,” katanya.

Tentang peringatan Hari Pahlawan 2020, Juliari menyampaikan acara tahun ini akan berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab masih dalam situasi pandemi.

Dalam momen yang sama, KAI membagikan voucher tiket KA jarak jauh secara cuma-cuma. Sebanyak 10.000 voucher tiket akan diberikan pada guru dan tenaga kesehatan dengan periode keberangkatan 8 sampai 30 November.

”Program Gratis Naik KA ini dihadirkan untuk menghormati dan menghargai guru dan tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Lebih lanjut Didiek menjelaskan yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah guru TK sampai SMA atau sederajat dan tenaga kesehatan. Program ini tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif, dan tata usaha.

”Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa kartu atau surat keterangan. Sedangkan untuk tenaga kesehatan harus menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku,” ucapnya kemarin.

Voucher dapat diambil di Customer Service di sembilan stasiun. Stasiun yang melayani adalah Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, dan Yogyakarta. Bisa juga melalui Stasiun Madiun, Surabaya Gubeng, dan Jember. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan.

Voucher tiket KA Eksekutif dapat diambil mulai 7 sampai 29 November. ”Kuota pengambilan voucher perhari terbatas untuk menciptakan physical distancing,” tutur Didiek. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung