Total Football

Bruno Fernandes Gemilang, MU Gasak Everton 3-1

Liga Inggris

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes (tampak punggung) merayakan gol pertamanya ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (7/11/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Carl Recine)

batampos.id – Bruno Fernandes tampil gemilang ketika membantu Manchester United menggasak tuan rumah Everton 3-1 di Stadion Goodison Park dalam laga pekan kedelapan Liga Inggris pada Sabtu.

Gelandang asal Portugal itu mencetak dua gol dan mengirimkan satu assist untuk gol penutup Edinson Cavani dalam kemenangan MU tersebut, kendati mereka sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Bernard, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu menyudahi tren buruk MU yang nirmenang dalam tiga pertandingan terakhir di semua kompetisi dan tim besutan itu kini naik ke urutan ke-13 klasemen dengan raihan 10 poin.

MU juga menyamai dua rekor bagus dari hasil laga itu, yakni tujuh kemenangan tandang beruntun sekaligus menjadikan Goodison Park sebagai tempat tersukses mereka dengan 16 kali menang di era Liga Premier setara dengan rekor di kandang Aston Villa, Villa Park.

Sedangkan bagi Everton, yang mengawali musim dengan baik dan sempat beberapa pekan memimpin klasemen kini melewatkan tiga pertandingan dengan kekalahan beruntun dan tersisih di urutan kelima klasemen sementara gagal menambah raihan 13 poin. Bahkan posisi mereka bisa melorot lebih jauh tergantung hasil laga-laga lain.

Masih tanpa Richarlison yang menjalani sanksi larangan tanding terakhirnya buntut kartu merah di Derby Merseyside, lini depan Everton awalnya tampak menjanjikan ketika Bernard menyudahi sebuah serangan balik dengan memperdaya kiper David de Gea dan membawa tuan rumah unggul pada menit ke-19.

Namun keunggulan itu hanya bertahan sejenak, sebab Fernandes mencetak gol pertamanya enam menit kemudian menanduk umpan silang Luke Shaw yang tak mampu diantisipasi kiper Jordan Pickford.

Everton hampir merestorasi keunggulan mereka, tetapi tembakan Lucas Digne membentur tiang dekat dan tuan rumah malah kebobolan lagi pada menit ke-32 oleh gol kedua Fernandes.

Fernandes melepaskan umpan silang yang tak mampu dijangkau Marcus Rashford, tetapi bola memperdaya Pickford dan menceplos ke gawang tuan rumah membawa MU berbalik memimpin 2-1 atas Everton.

Keunggulan membuat MU tampil lebih percaya diri dan Pickford kembali diselamatkan oleh VAR ketika ia berbenturan dengan Harry Maguire pada menit ke-62, setelah gagal mengantisipasi bola umpan silang, tetapi insiden itu diabaikan oleh wasit Paul Tierney.

Dua menit kemudian VAR berbalik tak menguntungkan Everton ketika Digne dijatuhkan oleh Maguire di dalam area terlarang, tetapi Dominic Calvert-Lewin lebih dulu terjebak offside sehingga tak ada pelanggaran bagi MU.

MU terus menekan tuan rumah dan pada menit kelima injury time, Cavani mencetak gol perdananya bersama Setan Merah seusai menyudahi umpan satu dua sentuhan dari Fernandes dengan sontekan mudah untuk menaklukkan Pickford serta memastikan kemenangan 3-1 bagi tim tamu.

Liga Inggris akan memasuki jeda internasional selama dua pekan setelah ini, sebelum Everton bertandang ke markas Fulham dan MU menjamu West Bromwich Albion.

Susunan pemain:

Everton (4-3-3): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Mason Holgate, Lucas Digne; Abdoulaye Doucoure, Allan, Gylfi Sigurdsson (Alex Iwobi); James Rodriguez (Cenk Tosun), Dominic Calvert-Lewin, Bernard
Pelatih: Carlo Ancelotti

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw (Axel Tuanzebe); Scott McTominay, Fred; Juan Mata (Paul Pogba), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial (Edinson Cavani)
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (*)

Sumber: Antara
Editor: Jamil Qasim