Nasional

Kampus Dibuka Lagi, Poltekpel Terapkan Protokol Kesehatan untuk Taruna

Para Taruna diwajibkan untuk mengunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama di area kampus. Langkah itu sesuai dengan anjuran pemerintah dalam rangka pengendalian Covid-19. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)

batampos.id – Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten mulai membuka kampus untuk proses belajar mengajar kembali. Total ada 195 Calon Taruna/I Program Diploma III Angkatan 2020/2021 memasuki asrama pada Jumat (6/11). Direktur Poltekpel Banten, Heru Widada mengatakan, potensi penularan Covid-19 menjadi salah satu fokus pihaknya agar kampus tidak menjadi klaster baru Covid-19. Oleh karena itu, protokol kesehatan secara disiplin diterapkan untuk para Taruna.

“Kegiatan Diklat Orientasi Kepelautan dan Madatukar tahun ini sangat berbeda. Hal ini dikarenakan diberlakukannya Protokol Kesehatan yang ketat bagi seluruh peserta dan panitia,” kata Heru.

Para Taruna diwajibkan untuk mengunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama di area kampus. Langkah itu sesuai dengan anjuran pemerintah dalam rangka pengendalian Covid-19.

Pembukaan Potekpel Banten ditandai dengan upacara pembukaan Diklat Orientasi Kepelautan (DOK). Para taruna pantas berbangga diri karena telah melewati serangkaian tes masuk.

“Ikuti semua peraturan dan instruksi para pembina dan pelatih yang akan memberikan arahan, teruslah tetap semangat, jaga diri dan selalu patuhi protokol kesehatan dan jangan sampai sakit dan saya berharap jumlah yang ada ini akan terus tetap bertahan sampai Anda semua nanti lulus,” ucap Widada.

Poltekpel Banten sendiri menerapkan sistem boarding school. Sistem ini diharapkan bisa membentuk taruna dan taruni dalam aspek sikap, perilaku, dan atitude. Di era sekarang industri perlayaran di bidang maritim tidak hanya menginginkan SDM yang mumpuni namun juga harus diiringi dengan sikap, perilaku, dan attitude yang baik. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim