Metropolis

Atasi Banjir, Kecamatan Sagulung, Batam Usulkan Bangun Kolam Buatan di Belakang Kantor Kelurahan Tembesi

Reza Khadafi (f.dalil/batampos.id)

batampos.id – Pihak Kecamatan Sagulung mengususlkan pembangunan kolam buatan di belakang kantor Kelurahan Tembesi yang berlokasi di pinggir jalan R Suprapto dekat simpang Barelang. Usulan ini sudah disampaikan ke Pemko Batam sebagai upaya untuk mengatasi persoalan banjir di sekitar lingkungan kantor Kelurahan Tembesi.

“Itu yang kami fokuskan sekarang (upaya untuk mengatasi banjir di wilayah kecamatan Sagulung). Belum aman lingkungan kantor Kelurahan Tembesi makanya sementara layanan administrasi kantor kelurahan Tembesi dipusatkan di sini (kantor kecamatan Sagulung),” ujar Camat Sagulung  Reza Khadafi.

Apalagi saat ini, layanan masyarakat di Kelurahan Tembesi terganggu. Pasalnya, karena banjir saat hujan, sudah sepekan belakangan ini layanan administrasi kantor kelurahan Tembesi di pusatkan di kantor kecamatan Sagulung.  Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak kecamatan sudah melakukan kajian interen dan solusi yang diusulkan adalah pengadaan kolam buatan di belakang kantor kelurahan. Kolam buatan ini nantinya berfungsi sebagai penampung luapan air dari sekitar lingkungan kantor kelurahan.

“Kebetulan di belakang kantor kelurahan ada lahan yang lebih rendah jadi bisa buat kolam buatan. Itulah yang kita sampaikan ke Dinas Bina Marga dan Dinas Lingkungan Hidup. Semoga secepatnya terealisasi,” ujar Reza.

Selain itu, ada juga rencana pelebaran alur sungai yang ada di pesisir pantai Sagulung. “Selanjutnya sungai. Sungai banyak yang kembali bermasalah termasuk ada upaya penyempitan untuk kepentingan perumahan dan kaveling. Ini tidak kami biarkan sebab banjir masih jadi masalah serius di Sagulung ini. Kita tetap kawal supaya semuanya dikerjakan,” ujar Reza. (*)

Reporter: Eusebius Sara

Editor: Tunggul