Total Football

Aston Villa Permalukan The Gunner di Kandang

Selebrasi striker Aston Villa Ollie Watkins usai mencetak gol kedua timnya saat melawat ke Emirates Stadium, markas Arsenal dalam lanjutan Premier League, Minggu (8/11). (F. Alastair Grant/POOL/AFP).

batampos.id – Arsenal menjadi salah satu tim papan atas Premier League yang gagal meraih hasil positif dalam matchweek kedelapan Premier League, Minggu (8/11). The Gunners dipermalukan dikandang oleh tamunya Aston Villa dengan skor telak 0-3.

Dalam laga yang digelar di Stadion Emirates, London, Minggu, Villa tampil meledak-ledak sejak awal laga. Hasilnya, laga belum berjalan satu menit John McGinn berhasil menjebol gawang tuan rumah memanfaatkan umpan tarik Jack Grealish.

Namun, gol itu dianulir setelah wasit Martin Atkinson berkonsultasi hampir empat menit lamanya bersama VAR dengan putusan bahwa Ross Barkley terjebak offside.

Penganuliran itu tak mematahkan semangat para pemain Villa yang terus berusaha menggempur pertahanan tuan rumah hingga akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-25. Umpan silang Grealish berujung gol bunuh diri Bukayo Saka yang berusaha menutupi ruang gerak Trezeguet.

Arsenal berusaha bangkit dan empat menit jelang turun minum Alexandre Lacazette hampir menyamakan kedudukan, tetapi sundulannya hanya menyerempet bagian atas mistar gawang.

Villa kembali mengawali babak kedua dengan intensitas tinggi, tetapi tembakan jarak dekat Trezeguet masih bisa ditepis oleh kiper Bernd Leno.

Pada menit ke-70, Nicolas Pepe hampir menyamakan kedudukan tetapi tembakan melengkungnya masih melenceng tipis di sisi gawang. Dua menit kemudian, Villa justru berhasil menggandakan keunggulan mereka lewat sundulan tajam Ollie Watkins menyambut umpan silang voli kiriman Barkley.

Watkins tak butuh waktu lama untuk menjebol gawang Arsenal kembali. Tembakan mendatar yang dilepaskannya menyambut umpan tarik kiriman Grealish menjebol gawang Arsenal di menit ke-75.

Skor 3-0 bertahan hingga bubaran, seolah jadi pembuktian bagi kiper Villa Emiliano Martinez yang “dibuang” oleh Arsenal. Martinez berhasil mengakhiri pertandingan melawan bekas klubnya dengan cleansheet.

Kemenangan ini menjadi victory perdana Villa setelah dalam dua pertandingan terakhirnya mereka selalu menelan kekalahan. Kemenangan ini juga serta membuat tim besutan Dean Smith tersebut naik ke peringkat keenam klasemen dengan koleksi 15 poin.

Sedang kekalahan ini menjadi kekalahan kandang kedua yang dirasakan sepanjang tahun 2020. Kekalahan ini juga membuat tim besutan Mikel Arteta itu turun ke urutan ke-11 klasemen dengan raihan 12 poin. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo