Sport

Canelo Putuskan Akhiri Kebersamaan dengan Golden Boy

Petinju Saul ’Canelo’ Alvarez. (F. DAZN)

batampos – Kebersamaan juara dunia kelas berat ringan WBO Saul ’Canelo’ Alvarez dengan agen yang menaunginya selama ini, Golden Boy Promotions, resmi berakhir. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pelatih sekaligus manajer Alvarez, Eddy Reynoso, kemarin. Pengumuman itu juga telah diamini Chairman Golden Boy Promotion Oscar De La Hoya.

“Keputusan ini diambil untuk kepuasan seluruh pihak,” ucap De La Hoya seperti dilansir ESPN. “Kami berharap Canelo selalu mendapatkan yang terbaik di masa mendatang,” tambahnya.

De La Hoya melanjutkan, putusnya hubungan Golden Boy dengan Canelo tidak membuat pihaknya kekurangan talenta di dunia tinju profesional. Dia malah menyebut itu kesempatan bagi petinju-petinju muda di bawah naungannya untuk unjuk gigi dan menjadi bintang besar selanjutnya seperti Canelo.

“Kami masih memiliki Ryan Garcia, Jaime Munguia, ataupun Vergil Ortiz Jr. Mereka calon-calon bintang terbesar di olahraga ini,” kata De La Hoya.

Di sisi lain, Reynoso menyebut putusnya hubungan petinjunya dengan Golden Boy akan membuat Canelo bisa segera naik ring tahun ini. Sumber ESPN membocorkan, rencana terdekat, petinju yang mampu menjadi juara dunia di tiga kelas berbeda tersebut bakal bertarung kontra juara dunia kelas menengah super IBF Caleb Plants pada 19 Desember mendatang.

Kisruh hubungan Canelo dan Golden Boy melibatkan pihak ketiga, yakni jaringan televisi streaming DAZN. Sejak 2018, Canelo terikat kontrak raksasa dengan Golden Boy dan DAZN senilai USD 365 juta (Rp 5,1 triliun) untuk 11 pertarungan selama 5 tahun.

Namun, masalah mulai muncul awal tahun ini karena DAZN berupaya mengurangi nilai kontrak akibat Covid-19. Canelo juga merasa keinginannya segera bertarung lagi dipersulit dengan alasan belum mendapat lawan yang pas. Padahal, kali terakhir dia naik ring setahun lalu pada November 2019 melawan Sergey Kovalev.

“Setelah keputusan ini, dengan segala rasa tanggung jawab dan disiplin, kami segera umumkan petarung Canelo selanjutnya dalam waktu dekat,” ucap Reynoso. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung