Total Football

Hat-trick Penalti dan Satu Gol Bunuh Diri Tenggelamkan Madrid

Ekspresi gelandang Valencia Carlos Soler (tengah) usai mencetak gol ketiganya melalui titik putih saat menjamu Real Madrid dalam lanjutan La Liga, Senin (9/11) WIB. (F. Jose Jordan/AFP)

batampos.id – Entah karma apa yang harus dijalani raksasa Spanyol Real Madrid. Saat melawat ke di Stadion Mestalla, markas Valencia, dalam lanjutan La Liga, Senin (9/11) dini hari WIB, harus menahan malu ditundukkan dengan skor 4-1.

Tiga tendangan penalti dan satu gol bunuh diri membuat Real Madrid merasakan pahitnya kekalahan dari tuan rumah Valencia dalam laga pekan kesembilan La Liga. Padahal, Los Blancos lebih dulu memimpin berkat tembakan keras Karim Benzema yang bisa menaklukkan kiper Jaume Domenech pada menit ke-23.

Tim besutan Zinedine Zidane juga tampil mendominasi dengan 64 persen penguasaan bola dan melepaskan tak kurang 16 percobaan tembakan sepanjang laga, tetapi statistik itu tak terjemahkan di skor akhir pertandingan.

Pada menit ke-29, Valencia memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Lucas Vazquez menghalangi bola umpan silang Jose Gaya dengan tangannya.

Eksekusi penalti Carlos Soler awalnya bisa ditepis kiper Thibaut Courtois, Soler menyambar bola muntah tetapi tembakannya membentur mistar gawang dan kemudian Yunus Musah menyambar bola muntah berikatnya untuk mencetak gol.

Namun, gol itu dianulir karena Musah terlalu cepat memasuki kotak penalti sebelum Soler menendang bola, sehingga eksekusi diulangi dan kali ini tembakannya tak mampu dihentikan oleh Courtois untuk membuka keunggulan Valencia pada menit ke-33.

Dua menit jelang turun minum, Raphael Varane mencetak gol bunuh diri ketika berusaha memotong umpan tarik Maxi Gomez. Varane sebetulnya berhasil menendang bola dari dalam gawang, tetapi VAR dan wasit Jesus Gil Manzano memutuskan bola sudah melewati garis gawang sebelum disapu oleh Varane, serta membuat Valencia berbalik memimpin.

Valencia memasuki babak kedua dengan lebih percaya diri, tetapi tembakan Lee Kang-in ditepis oleh Courtois sebelum membentur tiang gawang.

Namun, pada menit ke-51 Marcelo melakukan tekel keras pada Gomez sehingga wasit kembali menunjuk titik putih. Kali ini Soler lebih tenang dan berhasil memperbesar keunggulan Valencia menjadi 3-1.

Real Madrid terus berusaha menyamakan kedudukan. Tapi tembakan Federico Valverde dan Marco Asensio bisa diamankan oleh kiper Jaume Domenech.

Hebatnya, VAR dan wasit kembali memberikan tendangan penalti untuk Valencia pada menit ke-62. Ini setelah Sergio Ramos dianggap menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang.

Soler dengan dingin melesakkan bola lagi dari titik putih untuk melengkapi raihan trigolnya dalam laga tersebut sekaligus membawa Valencia menjauh 4-1.

Real Madrid harus rela pulang dengan tangan hampa dan tertahan di peringkat keempat klasemen dengan 16 poin. Sedang Valencia naik ke peringkat kesembilan dengan raihan 11 poin. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo