For Her

Jam Tangan untuk Gaya sekaligus Investasi

Jam Tangan Chronograph. (Istimewa)

batampos.id – Sekarang, jam tangan menjadi satu fashion item wajib untuk penunjang penampilan. Bahkan tampilan outfit of the day (OOTD) makin keren dengan sentuhan jam tangan.

Tak heran jika kini beberapa orang memiliki lebih dari satu jam tangan agar bisa disesuaikan dengan pakaian dan kegiatan. Bahkan, ada beberapa jam tangan yang bisa dijadikan investasi karena kerumitan dan sejarahnya.

Tapi, apa saja ya jenis jam tangan yang bisa digunakan dalam keseharian? Berdasarkan keterangan Timekingdom.co.id, setidaknya ada lima jenis jam tangan yang wajib kamu miliki.

1. Jam Tangan Chronograph

Jam Choronograph terkenal mempunyai desain yang terlihat rumit sehingga lebih menarik dibandingkan jam tangan biasa. Uniknya, jam jenis ini memadukan antara penunjuk waktu dan stopwatch. Ciri khusus untuk jam jenis ini yaitu memiliki 3 tombol disamping kanan sebagai pengendali stopwatch, yaitu tombol start, stop, dan zero-reset yang ada pada sisi samping case.

Tipe jam seperti ini sangat cocok buat aktifitas seperti olahraga, kegiatan ekstrim atau menjelajahi hutan. Didesain tangguh yang siap menemani setiap petualangan. Tapi jam jenis Chronograph juga cocok kok untuk dipakai ke Mall.

2. Jam Tangan Quartz

Quartz memang tidak asing lagi didengar. Sebab sering kali ditemukan jam yang terdapat tulisan Quartz. Tapi ternyata Quartz itu bukan merek jam tangan lho. Melainkan teknologi yang digunakan pada jam, yaitu menunjukkan jam tangan menggunakan mesin yang berbasis elektronik.

Diberi nama Quartz dikarenakan kata tersebut berasal dari sebuah nama mineral kristal, silikon dioksida, yang ditemukan berlimpah dalam kerak bumi dan merupakan komponen utama dari pasir disebut kuarsa (bahasa Indonesia).

Jenis jam tangan ini sangat cocok untuk dipakai untuk ragam kegiatan. Mulai dari nongkrong di Cafe, sampai ke acara formal seperti ke undangan resmi.

Jam tangan quartz ini merupakan teknologi yang dapat menghemat daya baterai. Bahkan, sebuah jam tangan Quartz bisa bertahan sampai 100 tahun. Sehingga kita tidak perlu sering-sering mengganti baterai jamnya. Jenis quartz ini sudah dikenal memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan bagus.

3. Jam Tangan Digital

Jam Tangan Digital. (Istimewa)

Salah satu jam yang digandrungi saat ini adalah jam tangan digital. Jam tangan digital menggunakan sistem numerisasi atau angka, sehingga informasi yang didapatkan akurat. Jam tangan ini juga menggunakan sistem LCD (liquid crystal display) sehingga memudahkan penggunanya untuk melihat waktu.

Biasanya, terlihat juga tampilan hari, tanggal dan juga penunjuk waktu siang dan malamnya. Jam Digital juga sangat cocok untuk berolahraga, karena jam digital saat ini pun memiliki fitur stopwatch. Tapi. jam digital juga cocok dipadukan dengan gaya kasual.

4. Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

Jam tangan pintar atau smartwatch ini terbilang paling canggih saat ini. Smartwatch adalah jam tangan yang sudah punya banyak fitur dari smartphone.

Di awal kemunculannya, smartwatch hanya bisa digunakan sebatas untuk mendengarkan lagu saja. Namun seiring perkembangan zaman, smartwatch pun memiliki banyak kelebihan lagi. Jam ini dapat melakukan browsing, memesan taksi online, bahkan melihat SMS, Email atau panggilan telpon masuk.

Untuk pecinta olahraga yang memakai smartwatch untuk mendukung aktivitas. Karena bisa melakukan panggilan, mengecek tekanan darah dan jantung.

5. Jam Tangan Otomatis (Self Winding Watch)

Sesuai namanya self-winding watch, jam tangan mekanik ini tidak memerlukan baterai untuk sumber tenaga penggerak jam tersebut. Jam tangan ini bekerja saat dikenakan oleh pemakai, dari gerakan tubuh di pemakai dapat menggerakkan komponen yang bernama Rotor (piringan).

Rotor tersebut akan menghasilkan tenaga yang kemudian disalurkan pada per untuk menyimpan tenaga, sehingga jam tangan tersebut akan selalu bekerja selama masih dikenakan. Daya hasil putaran rotor disimpan pada mainspring, yang kemudian disalurkan ke roda-roda gir sehingga jarum jam bergerak menunjukkan waktu. Jam tangan ini juga dapat menyimpan tenaga jadi pada saat tidak digunakan dapat tetap hidup dan akan mati ketika tenaga yang tersimpan telah habis dan semuanya dilakukan secara mekanikal, tanpa bantuan energi listrik. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung