Metropolis

Kendalikan Covid-19, 24 Ribu Masker Didistribusikan ke Kecamatan

Bantuan ribuan masker dari Bank Indonesia Kepri kepada Pemerintah Kota Batam di Dataran Engku Putri, Senin (9/11/2020). (F. Yulitavia/Batam Pos)

batampos.id – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum menambahkan bahwa bantuan yang diberikan sangat membantu Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam dalam memerangi virus Corona. Bantuan ribuan masker yang diterima akan disalurkan ke Kecamatan dan Kelurahan.

“Masker-masker ini akan kami serahkan ke Kecamatan dan Kelurahan sebagai ujung tombak penanganan Covid-19 di tengah masyarakat,” kata dia usai menerima bantuan masker dari Bank Indonesia Kepri di Dataran Engku Putri, Senin (9/11/2020).

Ia menyebutkan sudah mendistribusikan 24 ribu masker ke tingkat kecamatan. Selanjutnya puluhan ribu masker itu juga didistribusikan ke tingkat lurah. Gerakan bagi-bagi masker ini merupakan upaya pemerintah dalam mengendalikan penyebaran virus Covid-19.

“Gerakan 5 juta masker besok (hari ini, red) akan diluncurkan oleh Tri Suswati Tito Karnavian yang merupakan istri dari Mendagri Tito Karnavian. Batam sampai saat ini sudah ada 1,5 juta masker,” ujarnya.

Lanjutnya melalui berbagai kegiatan, Pemko Batam juga selalu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker. Masker yang ada ini jangan sampai tersimpan di gudang. Untuk itu, pihaknya mengerahkan baik camat, lurah maupun tim gugus tugas untuk membagikan masker sembari menggelar razia atau sosialisasi.

Syamsul kembali mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi imbauan pemerintah yakni 3M. Agar risiko penularan Covid-19 bisa ditekan dan cepat berakhir jika warga taat dan tidak abai.

“Jangan lupa gunakan masker, cuci tangan. Ingat jangan abaikan protokol kesehatan. Karena, risiko penularan bisa saja terjadi,” tandasnya.

Ia menambahkan, perlu peran semua orang untuk mengendalikan Covid-19 ini. Tidak saja pemerintah, komunitas, namun juga yang terpenting masyarakat. Ia tetap optimis Batam akan berhasil mengendalikan virus hingga akhir tahun ini.

“Harus optimis, biar tahun depan kondisi Batam makin membaik,” imbuhnya. (*)

Reporter: Yulitavia
Editor : Andriani Susilawati