Metropolis

Penumpang TCA Diberi Jalur Khusus

Petugas Keamanan Pelabuhan Feri Batam Center berpatroli dekat area ticketing, Kamis (22/10/2020) .
(F. Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.id – Penumpang yang memanfaatkan fasilitas Travel Corridor Arrangement (TCA) melalui Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, diberi jalur khusus saat melewati pemeriksaan imigrasi. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa nyaman kepada para pebisnis, diplomat maupun orang yang mengemban tugas dinas yang datang ke Batam.

Syahbandar Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, Mario Sihotang mengatakan, dua pekan sejak dibukanya jalur TCA, hanya ada satu penumpang yang tercatat menggunakannya. Itupun, penumpang yang datang tanggal 6 November lalu. “Sampai saat ini masih 1 penumpang TCA yang datang. Sedangkan yang berangkat belum ada,” ujar Mario, Minggu (8/11/2020).

Menurut dia, pelabuhan memberi layanan berbeda bagi penumpang TCA. Yakni, jalur khusus dengan tujuan memberi rasa nyaman untuk para pebisnis yang datang. “Dulunya jalurnya sempat sama, namun sekarang jalurnya beda. Apalagi di masa pandemi ini, pemerintah ingin memberi rasa nyaman,” kata Mario.

Sedangkan untuk penumpang lainnya, lanjut Mario, masih sama seperti biasa. Jalur yang dipakai tetap jalur umum. Mereka yang datang juga wajib menunjukan tes PCR dan permit kepada petugas.

“Untuk kapal yang berangkat dan datang dari Malaysia, masih dua unit setiap harinya. Kalau Malaysia sehari sekali, bahkan untuk tanggal ganjil, kapal yang berangkat satu kali sehari,” imbuh Mario.

Sementara itu, Manager Operasional Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, Nika Astaga, mengatakan pihaknya tetap memberi pelayanan prima di masa pandemi ini. Terutama, untuk penumpang yang masuk jalur TCA. “Tentunya sebagai pengelola kami memberi pelayanan maksimal,” kata Nika.  (*)

Reporter : Yashinta
Editor : Dede Hadi