Metropolis

Rapid Test untuk Pencegahan Dini Penularan Covid-19

Roma, salah seorang pewarta yang akan menghadiri acara pembagian 5 Juta masker di Hotel Radisson, Batam menjalani rapid test, Senin (9/11/2020). (F. Yulitavia/Batam Pos

batampos.id – Pemerintah berupaya menekan penyebaran Covid-19 dengan berbagai cara. Salah satunya memberlakukan rapid test ketika menggelar acara dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan setiap penyelenggara acara dan pemilik tempat acara sudah memiliki kesadaran tinggi untuk menekan angka penyebaran virus. Sesuai dengan arahan pusat, pemerintah memberikan kelonggaran namun penyelenggara acara harus memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penularan.

”Seperti rapid test, itu sudah termasuk langkah pencegahan. Jadi kalau ada yang reaktif bisa langsung diminta memeriksakan diri atau karantina mandiri,” ujarnya.

Pemerintah Batam juga berupaya untuk meningkatkan perekonomian dengan menarik berbagai iven dari pusat. Untuk itu, perlu adanya peningkatan aturan agar semua peserta dan tamu yang datang ke Batam untuk menghadiri acara merasa aman.

Didi mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau 3M. Jika semua sudah dilaksanakan tentunya penyebaran bisa dikendalikan dan angka positif bisa ditekan.

“Kita masih berperang melawan Covid-19. Jadi jangan abai dulu dalam beraktivitas,” tutupnya.(*)

Reporter: Yulitavia
Editor : Andriani Susilawati