Zetizen

Solusi Piknik Tanpa Panik

Typhani Elfin
Universitas Andalas, Padang
@inicipo

Batampos.id – SUNTUK dengan segala aktivitas yang gitu-gitu aja selama pandemi? Mungkin kamu bisa coba refreshing dengan piknik estetis di rumah aja. Eits, walaupun cuma di halaman rumah, ternyata kamu juga bisa menciptakan vibes yang nggak kalah seru kok. Berikut hal-hal yang harus kamu siapkan agar piknik di rumah tetap menyenangkan. (c12/lia)

Bebas Pilih Makanan

Salah satu keuntungan piknik di rumah, kamu nggak perlu ribet-ribet mencari makanan yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. ”Aku sendiri waktu itu sama teman-teman cari kafe yang nyewain alat-alat buat piknik. Lengkap banget, dari alat masak sampai bahan masakannya juga. Mau itu kecap, saus, cabai, bawang, semuanya sudah disediain sama pihak kafe,” ujar Typhani Elfina, pengguna TikTok yang nggak ketinggalan untuk mencoba tren ini. Jadi, nggak cuma menikmati makanan favorit, dengan piknik di rumah, kamu bisa lebih mudah untuk membuat makanan tersebut bersama-sama. Dijamin makin seru deh!

 

Bikin Kegiatan Seru

Selain makan bareng, kamu wajib banget untuk melakukan kegiatan ringan seperti games, nonton bareng, atau sekadar menikmati musik sambil bernyanyi bersama-sama. Piknik bareng keluarga atau teman bisa jadi ajang untuk lebih mendekatkan diri dan lebih tahu satu sama lain. “Aktivitas lain yang dilakukan, selain masak dan makan bareng, kami juga bermain TikTok, foto-foto, dan main kartu bareng. Yang terpenting, walaupun aku dan teman-teman sedang kumpul, kami pastikan kalau kami semua sehat dan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Typhani.

Decoration It’s A Must!

Supaya vibes piknik tetap terasa, jangan lupa untuk menambahkan dekorasi-dekorasi, ya. Kalian bisa siapkan karpet, keranjang piknik, atau bahkan mendirikan tenda. Karena selain bisa untuk membuat suasana piknik menjadi lebih terasa, dekorasi-dekorasi ini bakal menunjang banget untuk hasil foto-fotomu nanti. ”Cukup di pekarangan rumah temen aja, rasanya asyik banget. Pas banget buat melepas penat dan sedikit refreshing selama pandemi ini. Paling yang perlu kita sediain cuma karpet atau seprai buat alas tempat duduk,” ujar Typhani.

Manfaatkan Space yang Ada

Biasanya, piknik emang lebih asyik kalau dilakukan di outdoor. Nah, kamu bisa manfaatkan beberapa space kosong di area rumahmu untuk dijadikan tempat piknik. Misalnya, rooftop, halaman depan atau belakang, bahkan bisa juga di kebun. Selain memanfaatkan space, pilih lingkungan yang tenang agar tetap nyaman sekaligus bisa sebagai self-healing. “Menurut aku sih, vibes-nya sama aja. Mungkin karena rumah yang dipilih juga bukan lingkungan yang terlalu ramai kendaraan gitu. Jadi cukup tenang dan juga tetap bisa have fun sama teman-teman,” tutur pemilik akun TikTok @inicipo tersebut.

Aktivitas Seru di Halaman Belakang

BERSYUKURLAH kamu yang punya halaman rumah karena bisa dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan seru. Selain menghemat bujet, melakukan aktivitas di rumah lebih aman dan nyaman. Ribet dengan piknik, beberapa aktivitas ini juga bisa kamu lakukan di halaman belakang rumah. Check this out! (c12/lia)

Kamping
Yuk, ubah halaman belakangmu menjadi spot yang kece untuk berkemah. Selain hemat waktu dan bujet, berkemah di dalam rumah nggak ribet karena semua fasilitas sudah tersedia. Kalau ada keadaan darurat pun, kamu nggak perlu worry. Kamu bisa siapkan tenda portabel dan beberapa alat tidur dengan nyaman. Biar vibes kamping terasa, kamu bisa pakai kompor portabel untuk memasak. Dijamin suasana kemah tetap terasa.

Barbeque Party
Walaupun perlu alat masak yang lebih proper, kamu bisa mendesain area belakang rumahmu khusus untuk pesta barbeque agar spot tersebut bisa lebih berguna. Kegiatan ini pasti akan melibatkan seisi rumah. Which is bisa sekaligus jadi quality time untuk keluarga. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi tambahan seperti kursi dan meja kayu atau menambahkan lampu supaya lebih menarik.

Spot Olahraga
Pandemi mengharuskan kita untuk tetap berada di dalam rumah. Namun, agar tubuh tetap sehat, olahraga nggak boleh ketinggalan. So, kamu bisa memanfaatkan halaman belakang rumahmu menjadi spot olahraga. Misalnya, menambahkan ring basket atau bahkan membuat kolam renang pribadi.

ZETS OF THE DAY

Menikmati Piknik di tengah Pandemi
Reporter: Hadinata Salim
Editor: Agnes Dhamayanti

Sejak pandemi hampir sebagian besar kegiatan dilakukan di rumah. Demikian juga kegiatan liburan yang biasanya dilakukan di luar rumah. Terpaksa harus ditunda. Nah, piknik pun berubah tempat menjadi di rumah saja. Dan ternyata kegiatan refreshing ini banyak digemari anak muda hingga dewasa. Walaupun itu berada di rumah saja. Bagaimana sih keseruannya? (*)

F. Dok. Pribadi

Azka Raidhah Putri Ernestri
Institut Stiami Kampus Bekasi
Instagram: @putri_jieun21

Selama di rumah, saya melakukan kegiatan yang sangat positif contohnya membantu orangtua, setiap hari Senin sampai Kamis. Pagi harinya saya kuliah online, setelah itu mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Setelah tugas kuliah selesai, saya mulai menulis cerita di platform Joylada, bermain TikTok, membuat konten youtube, menonton konten youtube idol K-Pop favorit saya dan memikirkan konten halu untuk upload di TikTok saya. Jujur saya juga ingin liburan keluar seperti Bali bahkan ke Korea Selatan tapi saya tidak mau mengambil risiko besar dan saya cuma bisa mendoakan agar pandemi ini selesai. Saya tidak mau keluarga terdekat saya kena corona. (*)

 

F. Dok. Pribadi

Nur Aisyah Az Zahra
SMKN 1 Batam
Instagram : @azzahraais

Piknik di rumah untuk refreshing di masa pandemi bisa banget dilakukan, dan ada banyak jenis kegiatan. Salah satunya adalah bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan teras/halaman rumah. Contohnya menanam tanaman hias dan sayur-sayuran. Selain untuk keindahan, juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika hasil berlebih, bisa dijual untuk menambah penghasilan. Apalagi di masa pandemi dengan kondisi ekonomi lemah seperti saat ini. (*)