Total Football

Tertinggal Dua Gol Lebih Dulu, AC Milan Bangkit Samakan Kedudukan

Ekspresi striker AC Milan Zlatan Ibrahimovic usai mencetak gol ke gawang Verona, Senin (9/11). (F. Miguel Medina/AFP)

batampos.id – AC Milan kembali membuktikan dirinya adalah tim bermental juara. Setelah sempat tertinggal dua gol saat menjamu tamunya Verona di Stadion San Siro, Milan, Senin (9/11) dini hari WIB, Milan mampu bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Hasil imbang ini membuat Milan tetap bercokol di pucuk klasemen Serie A dengan raihan 17 poin. Sedangkan Verona berada di posisi kedelapan dengan torehan12 poin.

Verona sempat unggul dua gol pada awal babak pertama. Gol Antonin Barak (6) membawa Verona memimpin, sebelum gol bunuh diri Davide Calabria (19′) menggandakan keunggulan tim tamu.

Milan kemudian memperkecil ketertinggalan berkat gol bunuh diri Giangiacomo Magnani (27′). Menjelang peluit panjang berbunyi, Zlatan Ibrahimovic (93′) mengemas gol penyama kedudukan.

Verona tampil agresif sejak awal pertandingan. Mattia Zaccagni menguasai bola di byline dan mengirim umpan tarik untuk disambar Nikola Kalinic. Namun gawang Milan masih aman berkat kesigapan kiper Gianluigi Donnarumma.

Dari situasi tendangan sudut, sundulan Federico Ceccherini memantul mengenai mistar gawang, bola kemudian mengenai Donnarumma, dan Barak menjadi pemain tercepat untuk menyambar bola pantul. Itu merupakan pertama kalinya di Liga Italia musim ini Milan berada dalam posisi tertinggal.

Rossoneri berusaha segera bangkit. Alexis Saelemakers melepaskan tembakan yang dapat ditahan kiper Marco Silvestri, namun justru Verona yang mampu menggandakan keunggulan saat sepakan voli Zaccagni secara tidak sengaja dibelokkan Calabria untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Milan berhasil memperkecil ketertinggalan pada pertengahan babak pertama. Franck Kessie melompat untuk menanduk umpan silang Saelemaekers, bola kemudian terdefleksi Magnani dan masuk ke gawang Verona.

Pada awal babak kedua, Federico Dimarco hampir mengubah skor menjadi 3-1 melalui sepakannya yang masih melambung setelah Zaccagni melaju menembus pertahanan Milan. Selanjutnya giliran Hakan Calhanoglu yang memasukkan bola ke gawang Verona. Sayang, ia sedang berada dalam posisi offside.

Milan mendapat hadiah penalti pada menit ke-65 saat wasit memutuskan Massimo Lovato melakukan pelanggaran terhadap Kessie di kotak terlarang. Peluang menyamakan kedudukan sirna setelah tendangan Ibrahimovic melambung tinggi.

Tuan rumah semakin habis-habisan menggempur gawang Verona. Gawang tim tamu kembali kemasukan saat Ibrahimovic menyambar umpan silang Calabria dengan sepakan volinya. Namun setelah dilakukan peninjauan ulang, wasit memutuskan bahwa bola sempat mengenai lengan Ibrahimovic.

Pemain Swedia itu kemudian menjadi penyelamat Milan menjelang laga usai. Kiper Verona Silvestri menggagalkan peluang Ibrahimovic, bola yang hidup kemudian diteruskan sundulan Ibra untuk masuk ke sudut jauh gawang. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo