Sport

BAC Sabet Sembilan Emas, Lima Perak, dan Lima Perunggu

Kejuaraan Renang Antarpelajar/Perkumpulan se-Kepri

Ketua BAC Chostan Gunawan Lumbangaol (kiri) dan pelatih Ismawardi (kanan) bersama dengan atlet renang memamerkan medali yang diraihnya dalam kejuaraan renang antarpelajar/perkumpulan se-Kepri, di kolam renang Harapan Utama, Minggu (8/11). (F. Ryan Agung/batampos.id)

batampos.id – Barracuda Aquatic Club (BAC) berhasil menyabet sembilan emas, lima perak, dan lima perunggu dalam kejuaraan renang antarpelajar/perkumpulan se-Kepri. Event yang digelar oleh Lumba-lumba Swimming Club bekerjasama dengan Dispora Kepri, di Kolam renang Dendang Ria, Tanjungpinang, 30-31 Oktober lalu.

Dijelaskan oleh Ketua BAC Chostan Gunawan Lumbangaol, dalam kejuaraan ini, pihaknya menurunkan sebanyak enam atlet. “Semanya berhasil meraih medali dalam kejuaraan itu,” ungkapnya di Kolam Renang Harapan Utama, Minggu (8/11).

“Selain itu atlet-atlet renang BAC juga berhasil membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp 3,1 juta,” beber Chostan.

Keikutsertaan BAC dalam kejuaraan ini didasarkan untuk melihat sejauhmana hasil latihan yang dilakukan atlet-atlet BAC. “Meski di masa pandemi, atlet BAC tetap menjalankan latihan secara rutin,” katanya.

“Keikut sertaan dalam kejuaraan ini juga untuk melihat best time atlet renang BAC. Memang diharapkan dalam setiap kejuaraan capaian waktu atlet BAC bisa terus meningkat,” papar Chostan.

Selain itu, lanjut Chostan, keikutsertaan dalam setiap kejuaraan akan menjadi koreksi untuk peningkatan raihan prestasi atlet BAC. “Jadi atlet BAC bisa mempersembahkan prestasi yang adengan sendirinya akan membawa nama baik bagi klub dan Kota Batam,” jelasnya.

Enam atlet BAC yang turun dalam kejuaraan itu adalah Diyah Ayu Kusumaning Tiyas Z (SD Kartini 1 Sekupang), Titah Kinasih Zulkarnain (SD Kartini 1 Sekupang), dan M Arjuna Triatmaja Zulkarnain (TK Ulil Albab). Selain itu juga ada Vici Abdulah (SMPN 26 Batam), Intan Putri Salsabila (SD Islam An-Nahdhah), dan Chosika Optima Theresia Lumbangaol (SDS Putra Batam).

Turun di kategori kelas 5-6, Diyah berhasil mempersembahkan dua emas dan satu perunggu dari nomor estafet 4x50m gaya ganti putri, estafet 4x50m gaya bebas putri, dan 100m gaya Kupu-kupu. Sementara Titah mempersembahkan dua emas dari nomor estafet 4x50m gaya ganti putri, estafet 4x50m gaya bebas putri. Sedang Arjuna mendapat satu emas dari nomor 50m gaya bebas kategori kelas 1 dan 2.

Sementara itu Vici Abdulah mempersembahkan tujuh medali emas dan dua perak dari kategori kelas 7,8,9. Emas diraih Vici di nomor 50m gaya bebas, 50m gaya punggung, 50m gaya dada, 100m gaya punggung, 100m gaya dada, 100m gaya kupu, dan 200m gaya kupu. Sedang perak diraih dari nomor 200m gaya dada, 50m gaya kupu.

Intan, mempersembahkan dua emas dari kategori kelas 5-6. Emas didapatkan dari nomor estafet 4x50m gaya bebas dan estafet 4x50m gaya ganti. Dan Chosika yang turun di kategori kelas 3-4 berhasil meraih dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Emas didapatkan Chosika dari nomor estafet 2x50m gaya bebas, estafet 2x50m gaya ganti, Sedang perak diraih dari nomor 50m gaya bebas, 100m gaya bebas, dan 200m gaya dada. Sedang perunggu diraih dari nomor 50m gaya kupu, 100m gaya kupu, 50m gaya dada, dan 100m gaya dada.

Keluarga besar Barracuda Aquatic Club berfoto bersama memamerkan medali yang diraihnya dalam kejuaraan renang antarpelajar/perkumpulan se-Kepri di kolam renang sekolah Harapan Utama, Minggu (8/11). (F. Ryan Agung/batampos.id)

Sementara itu, pelatih BAC Ismawardi mengaku puas dengan raihan anak asuhnya dalam kejuaraan renang antarpelajar/perkumpulan se-Kepri. “Alhamdulillah meski BAC hanya menurunkan enam atlet, tapi semua atlet yang turun mampu mempersembahkan medali,” katanya.

Meski belum bisa dikatakan raihan maksimal, Ismawardi mengakui jika hasil dalam kejuaraan itu juga menunjukkan peningkatan prestasi BAC. “Baik dalam hal raihan medali maupun capaian waktu, semua menunjukkan peningkatan,” serunya.

“Hal ini dikarenakan antusiasme dan keseriusan atlet BAC baik saat mempersiapkan diri maupun dalam bertanding. Tentu saja ini diharapkan akan terus meningkatkan motivasi atlet BAC dalam merengkuh prestasi di masa mendatang. Terutama dalam masa pandemi ini jarang ada kejuaraan yang digelar,” papar Ismawardi.

Selain itu, ia juga berharap torehan prestasi atlet BAC juga akan bisa dipertahankan dalam Pekan Olahraga Kota (Porkot) VI Batam, yang akan digelar tahun depan. “BAC tetap fokus berlatih dan terus meningkatkan kemampuan atlet meski di masa pandemi,” ujarnya.

“Hal ini harus dilakukan agar atlet BAC bisa terus meraih prestasi. Baik itu di tingkat kota, provinsi, maupun di tingkat nasional. Kami berharap nanti ada atlet dari BAC yang bisa mewakili Indonesia di kejuaraan renang internasional,” harap Ismawardi. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo