Total Football

Deadline Akhir Desember, Indonesia Terancam Tak Punya Wakil di AFC Cup

batampos.id – Indonesia terancam tidak akan punya wakil di AFC Cup tahun depan. Sebab, sampai saat ini, Liga 1 belum juga digulirkan. Padahal, AFC sudah memberikan deadline kepada member-nya untuk segera menyerahkan daftar wakilnya hingga akhir Desember nanti.

Sejatinya, Indonesia punya dua slot untuk AFC tahun depan. Dua slot yang diisi juara Liga 1 dan juara Piala Indonesia. Musim lalu, ada nama Bali United sebagai juara Liga 1 dan PSM Makassar juara Piala Indonesia yang mewakili Indonesia di AFC Cup.

Untuk tahun ini? Jangankan berharap ada Piala Indonesia, kompetisi Liga 1 saja baru digulirkan Februari mendatang. PSSI sendiri juga bingung. PSSI belum punya nama siapa yang akan dikirim untuk tampil di AFC Cup 2021.

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi membenarkan hal tersebut. Menurut dia, memang belum ada nama yang akan diajukan untuk tampil di AFC Cup tahun depan. “AFC meminta batas waktu penyampaian sampai 22 Desember 2020. Nanti diputuskan lagi di rapat exco,” jelasnya.

Tampaknya, jika tidak ada pilihan, bisa saja PSSI kembali mengajukan Bali United dan PSM. Sebab, tidak ada pilihan lagi bagi PSSI untuk memilih klub. Namun, Yunus memilih tutup mulut dan enggan berkomentar banyak mengenai hal itu.

Indonesia memang hanya punya jatah tampil di kancah Asia di AFC Cup tahun depan. Sebab, Indonesia sudah kehilangan slot mengirim jatahnya di Liga Champions Asia (LCA) musim 2021. Hal itu tidak terlepas dari buruknya penampilan wakil-wakil Indonesia di babak kualifikasi LCA.

Sebut saja Persija hingga Bali United yang babak belur di kualifikasi LCA. Mereka kandas di babak praeliminasi musim 2018–2019. Akibatnya, peringkat kompetisi Indonesia di pemeringkatan AFC pun turun ke peringkat ke-13 zona timur. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung