Zetizen

I Saw A Mirror, I Take A Selfie

Batampos.id – Siapa nih yang kalau lihat cermin di rumah atau di luar, rasanya gatel banget pengin ambil foto selfie? Mirror selfie bisa dibilang salah satu cara pengambilan foto yang dapat kamu lakukan untuk memberikan variasi pada teknik fotomu. Zetizen udah merangkum trik khusus yang dapat kamu aplikasikan langsung dengan tiga jenis cermin. Check’em out! (c12/mel)

Mirror, Mirror on the Wall

pinterest

Buat yang suka mirror selfie dengan cermin di dinding, kamu bisa memfokuskan pengambilan foto yang mem­perlihatkan wajah. Pastikan juga kamu tahu angle wajah mana yang terbaik karena setiap angle foto setiap orang pada umumnya berbeda. Kamu bisa mengambil mirror selfie yang memperlihatkan wajah atau menutupi bagian wajah secara full dengan smartphone yang kamu gunakan. Tonjolkan pula elemen apa yang ingin kamu tunjukkan ketika mirror selfie. Karena fokusnya meliputi wajah, kamu bisa fokus untuk menunjukkan hasil make up, skin care routine, atau hairdo.

(Out)Standing Mirror

pinterest

Model standing mirror atau cermin panjang ini biasanya sangat cocok untuk kamu yang ingin mengambil foto style baju atau OOTD. Kamu bisa mencoba pose mirror selfie dengan berdiri, duduk, atau jongkok. Tonjolkan pula elemen outfit yang ingin mendapat fokus lebih, misal berdiri dengan satu kaki di depan untuk menunjukkan sepatu barumu. Kalau cermin panjangmu mudah dibawa atau dipindahkan, kamu juga bisa memberikan beberapa hiasan atau efek tambahan seperti percikan air atau hiasan bunga sebagai properti ketika berfoto dengan konsep outdoor.

Multifunction Desk Mirror

pinterest

Berfoto dengan cermin kecil yang biasanya diletakkan di atas meja? Why not! Cermin kecil bisa kamu manfaatkan untuk mirror selfie sembari menunjukkan beberapa aksesori atau properti di meja belajar kamu. Misalnya, pot tanaman, tempat pensil, atau b  uku. Karena ukurannya yang kecil dan mudah dipindahkan, kamu juga bisa meletakkannya di sumber cahaya matahari seperti ketika golden hour.
Inspirasi untuk menghias cermin meja juga bisa dilakukan dengan memberikan lukisan kecil menggunakan cat air di sekeliling frame cermin meja. Pastikan lukisan dan warna yang kamu gambar bisa senada dengan suasana kamarmu supaya lebih serasi ya!

 

Peek the Tip

Lukas Atmaja for zetizen

Lukas Atmaja,
Fotografer (@lukasatmaja)

UDAH ada cermin dan propertinya, udah siap pose, tapi masih bingung sama teknik fotografi yang pas kayak gimana. Tenang! Kamu bisa intip tip yang diberikan fotografer Lukas Atmaja berikut biar hasil mirror selfie-mu makin ciamik! Yuk, simak! (c12/mel)

 

ilustrasi: nina/zetizen team

Pakai Fitur Kamera Bawaan Smartphone

Untuk hasil akhir foto yang baik, pastikan kamu menggunakan fitur kamera bawaan yang ada di smartphone. Hindari menggunakan filter atau aplikasi lain supaya bisa mempertajam hasil akhir foto dan bisa lebih leluasa untuk mengedit dengan tone yang berbeda-beda.

 

ilustrasi: nina/zetizen team

Posisikan Angle Sejajar dengan Garis Mata

Dengan mengambil posisi angle yang sejajar dengan garis mata kita, tubuh akan tampak lebih proporsional di cermin. Tip ini tentunya sangat bagus diterapkan untuk kamu yang ingin berfoto full OOTD menggunakan standing mirror.

 

ilustrasi: nina/zetizen team

Eksplor Sisi di Sekitar Cermin

Sisi di sekeliling cermin bisa membantu meningkatkan atmosfer atau konsep yang sesuai dengan minat dan preferensi kita. Misalnya, kita bisa meletakkan sebuah cermin di dinding putih polos apabila ingin memperlihatkan kesan yang lebih estetis dan minimalis. Cara lain juga bisa dilakukan ketika memberikan kesan editorial saat berfoto di outdoor dengan membawa cermin sambil membaringkannya di rerumputan. Simpel bukan?

 

ZETS OF THE DAY

Mirror Selfie Starterpack

Reporter: Hadinata Salim
Editor: Agnes Dhamayanti

Keberadaan media sosial menjadikan sebuah tren baru. Salah satunya yaitu gemar berfoto. Sebut saja mirror selfie, yaitu teknik foto selfie yang memanfaatkan kamera depan pada smartphone lalu berfoto di depan cermin. Teknik ini makin lama makin digemari kalangan anak muda baik perempuan maupun laki-laki. Sebelum melakukan mirror selfie, apa saja starterpack yang dibutuhkan agar hasilnya maksimal? (*)

F. Dok. Pribadi

Desma Efriliana
SMKN 3 Batam
Instagram: @desmaefriliana

Menurut aku, tidak hanya properti yang harus disiapkan, bahkan fisik dan mental juga harus disiapin, karena kalau percaya diri maka hasil foto tersebut maksimal. Seperti properti dan tempat sebagai pendukung agar hasil foto semakin bagus. (*)

 

F. Dok. Pribadi

Rahel Juniati Miedana Marpaung
Institut Mitra Bunda Persada Batam
Instagram : Rahel_jmm

Langkah sebelum melakukan mirror selfie itu kita pasti siapkan latar belakang dan cermin. Lalu atur posisi kamera dan tubuh yang tepat untuk memperlihatkan seluruh penampilan kita setelah itu kita bisa coba berbagai pose untuk mendapatkan hasil menarik, dan satu lagi kita juga pakai aksesoris/style yang menunjukkan kepribadian kita. Karena pada intinya kita pakai apa yang buat kita nyaman dan senang. (*)