Advertorial

Politeknik Negeri Batam Menggelar Gala Webinar Pelaku Usaha MICE Batam

Rangkaian acara Penguatan Kemitraan Prodi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sampai pada Gala Webinar Pelaku Usaha MICE Batam.

Acara GALA WEBINAR ini menjadi penutup dari rangkaian acara Penguatan Kemitraan Prodi dengan Dunia Industri dalam Program Penguatan Pendidikan Vokasi (PPPTV) 2020. Penutup sebagai proses inisiasi tapi menjadi “pintu terbuka” untuk bisa bersinergi dengan industri. Rangkaian proses inisiasi kemitraan dengan industri MICE ini telah dimulai semenjak bulan September dengan acara pertama pada tanggal 30 September 2020, Prodi Administrasi Bisnis Terapan (ABT) Polibatam mengundang semua asosiasi yang mendukung bidang usaha MICE untuk duduk bersama saling berbagi pandangan tentang MICE ke depan di Kota Batam.

Pada acara tersebut dihadiri oleh 6 asosiasi yakni

1. Muhammad Mansyur Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batam

2. Adiyanti Ningsih Perwakilan DPD ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) Kep.Riau

3. Abdi Natigor Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kep.Riau

4. Surya Wijaya Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Indonesia (ASPABRI) Kep.Riau

5. Lia Fitria Anugrah Perwakilan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kep.Riau

6. Eka Septian Nugraha Perwakilan DPD IVENDO KEPRI (Indonesia Event Industri Council)

 

Kegiatan ini menjadi langkah awal Polibatam menjalin hubungan dengan Industri MICE di Kota Batam. Dengan bantuan dari Asosiasi untuk menjembatani terciptanya hubungan dengan stakeholder di industri MICE.

Hal ini, sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, pendidikan vokasi harus sinergi erat dengan indutri dan dunia kerja. Link and Match, istilahnya. Link and Match tersebut jangan hanya selesai pada MoU saja, diharapkan akan betul – betul dalam dan sustain/berkelanjutan,sehingga terjadi “pernikahan” dengan industri dan menguntungkan.

Setelah rangkaian inisiasi dengan asosiasi mendukung bidang usaha Industri MICE dilanjutkan lagi dengan beberapa kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) untuk dapat menggali gambaran MICE ke depannya di Kota Batam, selain itu juga untuk meningkatkan keterlibatan industri MICE sebagai mitra dalam pengembangan keahlian khusus baik bagi para dosen maupun mahasiswa sebagai bagian dari proses pengembangan diri. Rangkaian proses ini telah mengahasilkan Roadmap pengembangan Prodi ABT-MICE, Desain Kurikulum yang di dukung DUDI MICE juga Desain Magang.

Rangkaian kegiatan ini juga tidak lepas dari bantuan akademisi yang keahlian tentang MICE tidak diragukan lagi beliau adalah Ibu Dr. Christina Lipuringtyas Rudatin SE.,M.Si. Beliau adalah Komite Standar Kompetensi dan Tim Perumus RSKKNI MICE pada tahun 2014 dan sekarang 2020 menjadi Ketua Tim Penyusun Tool Boxes dan Kurikulum MICE Tingkat ASEAN . Sampai sekarang beliau juga aktif mengajar di Politeknik Negeri Jakarta.

Acara FGD dengan ibu Christina ini kami laksanakan pada Hari Selasa, 3 November 2020. Pada kegiatan tersebut, wawasan terkait MICE benar – benar terbuka atas pemaparan dari Ibu Christina.

Penekanan akan MICE yang terdiri dari Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition ini benar – benar dipaparkan jelas oleh Bu Christina.

Tidak hanya mengenai pemahaman tentang MICE yang dikupas tuntas oleh Bu Christina juga beliau memaparkan bagaimana proses perkuliahan dan capaian pembelajaran dari mahasiswa dengan prodi MICE.

Pada kegiatan tersebut, kami polibatam melakukan review terkait Roadmap dan Design Kurikulum yang telah di desain bersama dengan industri juga bantuan dari akademisi yang telah lebih dahulu membuka program studi MICE yakni Bapak Agus Edy Rangkuti, S.E.,M.Si dari Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Medan.

Pada tanggal 23 Oktober 2020 kami melakukan FGD dengan Bapak Agus, untuk menggali mengenai Prodi MICE di Politeknik Negeri Medan. Lewat beliau kami juga belajar banyak hal, dalam usaha merintis program studi MICE dan berbagi pengalaman mahasiswa MICE untuk magang di industri dan prospek lulusannya.

Setelah melalui berbagai rangkaian acara Penguatan Kemitraan Prodi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sampai pada GALA WEBINAR PELAKU USAHA MICE BATAM. Hal inimenjadi GONG terakhir dan pembuka jalan adanya Sinergi dengan Industri.

Gala Webinar ini mengambil tema “Bersinergi Membangun SDM Unggul Demi Membangkitkan Industri MICE di Batam”. Acara penutup rangkaian Penguatan Kemitraan Prodi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) PPPTV 2020, Polibatam sangat beruntung Webinar ini dihadiri oleh Narasumber yang sepak terjangnya pada bidang MICE tidak diragukan lagi. Pembukaan acara Webinar di buka langsung oleh Direktur Polibatam Bapak Uuf Brajawidagda, P.hD lewat sambutan beliau mengharapkan adanya kerja sama yang berkelanjutan antara Polibatam dan semua Stackholder di bidang MICE.

Kemudian acara di moderatori langsung oleh Ketua Jurusan Manajemen Bisnis Ibu Dwi Kartikasari, S.T., M.B.A.

Untuk pemaparan materi pertama diisi oleh Pjs. Walikota Batam Bapak Syamsul Bahrum yang memaparkan Perkembangan dan Potensi MICE di Batam. Pada kesempatan ini beliau menghimbau untuk bersama – sama bahu membahu membangkitkan lagi MICE di Batam. Kemudian pemaparan selanjutnya dari Ibu Masruroh, S.Sos,. MAB beliau adalah Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Pada Gala Webinar ini beliau memaparkan perkembangan MICE di Indonesia dan harapan pemerintah kedepannya terkait MICE. Setelah pemaparan dari Ibu Masruroh. Selanjutnya, pemaparan oleh Bapak Jadi Rajagukguk, beliau adalah DPD ASPERAPI (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonsia) IECA (Indonesian Exhibition Companies Association). Pada kesempatan ini beliau juga berbagi begitu besar dampak Covid pada Dunia Usaha bidang MICE ini. Sebuah kegiatan Exhibition tertunda dan bahkan dibatalkan. Namun, hal ini tidak memutuskan asa dari pelaku usaha di bidang MICE ke depan akan bangkit. Untuk itu dibutuhkan SDM yang unggul dan dapat berkompetensi.

Pemaparan terakhir oleh ketua PHRI (Perhimpunan Hotel Restoran dan Hotel Indonesia) Bapak Mansyur. Beliau memberikan pandangan sebagai pelaku usaha MICE memang dibutuhkan link and match antara Pendidikan dan Industri. Penegasan ini juga didukung oleh semua Narasumber pada Gala Webinar.

Akhir dari acara webinar ini semua panelis sangat mendukung agar kedepannya Politeknik Negeri Batam membuka Prodi MICE dengan harapan akan munculnya sinergi dari Dunia Pendidikan dan Dunia Industri sehingga MICE akan bangkit dan berkembang di Batam.

Melalui PPPTV 2020 ini begitu banyak rangkaian acara yang kami dapat jalani demi memperkuat program studi Administrasi Bisnis Terapan (ABT) Polibatam. Masukan tidak hanya dari dunia industri juga dari akademisi dan semua stakeholder di bidang MICE.

Semua rangkaian acara ini tidak tidak lepas dari bantuan semua pihak dan hasil dari sinergi semua anggota tim pengusul dari program studi ABT dan dukungan yang kuat dari manajemen Politeknik Negeri Batam (Polibatam)