Metropolis

Samsat Kontainer Mudahkan Layanan Bayar Pajak, Ini Jadwalnya

Acara peresmian Samsat Kontainer di Harbour Bay, Batuampar, Senin (9/11/2020).
(F. Yashinta/Batam Pos)

batampos.id – Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Daerah (BP2RD) Kepri menghadirkan pelayanan Samsat Kontainer di Kawasan Habour Bay, Batuampar, Senin (9/11/2020). Samsat Kontainer pertama di Batam ini melayani pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan.

Samsat Kontainer Harbour Bay buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB. Layanan yang diberikan adalah pembayaran pajak, baik itu pajak kendaraan roda dua dan roda empat.

Kepala BP2RD Kepri, Reni Yusneli mengatakan pihaknya selalu berinovasi untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat Kepri. Di antaranya, dengan samsat kontainer yang mempermudah masyarakat untuk membayar pajak.

“Ini merupakan samsat kontainer pertama di Kepri. Kami memilih Harbour Bay karena lokasinya yang strategis. Rencananya, kami juga akan buka di Batuaji,” ujar Reni, saat meresmikan samsat kontainer di Harbour Bay yang dihadiri puluhan tamu undangan.

Ia berharap, samsat kontainer bisa jadi solusi masyarakat yang tak sempat datang ke Kantor Samsat atau Samsat Corner. Dimana, di Samsat Kontainer, ada 4 pintu atau 4 petugas pelayanan yang standby.”Semoga dengan ini, bisa membuat masyarakat sadar akan pajak. Karena sekarang, bayar pajak bisa dimana-dimana, bahkan lewat online,” imbuh Reni.

Di tempat yang sama, Kepala UPT PPD Batam Centre, Vira Jiansa Respaty, mengatakan, Samsat Kontainer adalah inovasi terbaru di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, keberadaan Samsat Kontainer berada di luar ruangan, sehingga meminimalisir penyebaran virus berbahaya itu. “Samsat Kontainer ini adalah inovasi baru kita dan satu-satunya di Kepri agar masyarakat lebih mudah dalam membayar pajak, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini,” ucap Vira.

Menurut dia, petugas yang berjaga menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker dan menyiapkan hand sanitizer. Samsat Kepri juga bekerja sama dengan Jasa Raharja Kepri, Polda Kepri dan Bank Bukopin.

“Masyarakat yang antre juga wajib menggunakan masker. Mudah-mudahan dengan adanya samsat ini menambah semangat wajib pajak untuk membayar pajak kendaraannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kepri, Tamrin Silalahi, mengapresiasi hadirnya Samsat Kontainer. Apalagi, saat pandemi Covid-19 seperti ini, masyarakat agak riskan untuk berkunjung langsung ke Kantor Samsat.

“Semoga dengan adanya Samsat Kontainer, masyarakat lebih semangat untuk membayar pajak. Sebab, kepatuhan masyarakat membayar pajak di Kepri turun sejak pandemi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Yashinta
Editor : Dede Hadi