Ekonomi & Bisnis

Tren Penonton Bioskop Mulai Naik

Bioskop CGV di Grand Batam Mall mulai beroperasi kembali sejak Jumat (16/10) lalu. Pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan. F. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.id – Dibukanya kembali bioskop di Kota Batam menjadikan momentum untuk kembalinya gairah ekonomi dari sektor industri kreatif khususnya perfilman. Diketahui salah satu bioskop yang telah beroperasi salah satunya CGV di Grand Batam Mall, Lubukbaja.

Manajer Public Relation CGV , Hariman Chalid mengatakan, untuk penonton di Batam, perlahan lahan trendnya naik dan mendekati 50 persen. Kalau dirata-ratakan, jumlah penonton sejauh ini mendekati kapasitas maksimal 50 persen. Akan tetapi tren terlihat terus naik seiring berjalannya waktu.

”Tapi, kembali lagi, ada hari di mana kapasitas auditorium terisi penuh batas maksimal 50 persen dan juga yang tidak. Dan itu normal, seperti sebelum masa pandemi. Ada hari di mana kapasitas kami terisi penuh, dan ada hari di mana kappasitas auditorium kami tidak penuh,” ucapnya, Senin (9/11).

Terkait pembukaan kembali bioskop di salah satu lokasi, tentunya sudah melalui berbagai pertimbangan dari pemerintah daerah sebagai salah satu pihak berwenang dalam memberikan izin.

Ada standar prosedur yang harus dilalui dan protokol kesehatan yang harus disiapkan pengelola bioskop agar mendapat persetujuan pembukaan dari pemerintah.

”Kami selaku pihak pemgelola wajib mematuhi dan memgikuti segala aturan yang ditetapkan. Pemerintah daerah pun selalu memonitor dan mengevaluasi pengelola bioskop,” jelasnya.

Di masa new normal ini, bioskop telah menerapkan protokol kesehatan yang harus dijalankan secara ketat sesuai kesepakatan. Dan pembelian tiket transaksi lainnya semua bisa dilakukan secara daring online dengan minimal kontak dan pembayaran digital.

”Kami percaya banyak masyarakat yang sudah kangenn nonton di bioskop. Pengalaman menonton di bioskop memang tidak tergantikan. Membuat menonton film lebih seru dan nyaman,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan kembali dibukanya bioskop juga bisa menggairahkan aktivitas rumah produksi dalam memproduksi film-film nasional, dan membantu memulihkan ekonomi di sektor industri kreatif khususnya perfilman.

”Masyarakat bisa kembali menonton di bioskop dengan aman dan nyaman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya. (*)

Reporter : Azis Maulana
Editor : Suprizal Tanjung