Karimun

Buang Sampah Sembarang, Warga Moro harus Siap Dipidana atau Didenda

Camat Moro Khaidir bersama Satpol PP Moro ketika melakukan pemantauan beberapa titik tempat pembuangan sampah. Dirinya, menghimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. (f. dok Camat Moro untuk batampos.id)

batampos.id – Camat Moro, Karimun Khaidir bersama anggota Satpol PP, melakukan pemantauan beberapa titik lokasi tempat pembuangan sampah. Hal tersebut dikarenakan, ada keluhan dari masyarakat bahwa ada masyarakat yang membuang sampah
sembarangan. Sehingga, membuat resah masyarakat akibat prilaku yang tidak memberikan contoh kepada masyarakat lain.

”Jadi ada beberapa titik pembuangan sampah yang telah kita tempatkan anggota Satpol PP. Agar, masyarakat jangan membuang sampah sembarangan,” jelas Khaidir, Rabu (18/11/2020) pagi.

Walaupun, hingga sekarang pihaknya masih sangat kurang armada untuk mengangkut sampah kelokasi pembuangan sampah. Tapi, diharapkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, apabila masih dilakukan membuang
sampah sembarangan oleh masyarakat mau tidak mau akan diterapkan Perda nomor 7 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.

”Ada sanksinya pidana apabila masih tidak mengindahkan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Sesuai Perda nomor 7 tahun 2013 dipasal 63. Lumayan, kurangan tiga bulan penjara sanksinya atau denda Rp500 ribu,” tegasnya.

Masih kata Khaidir lagi, pihaknya sudah mengusulkan prioritas pertama pada Musrenbang Kecamatan pada awal tahun 2020 untuk mendapatkan bantuan lori sampah dari Kabupaten. Sehingga, bisa mengangkut sampah-sampah dibeberapa titik yang telah ditentukan.

”Mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun 2021 nanti. Sekali lagi saya ingatkan, kepada masyarakat mari kita jaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Minimal, membuat lubang dipekarangan rumah untuk sampah yang bisa didaur ulang,” pesannya. (*)

Reporter : Tri Haryono
Editor : Tunggul