Utama

Daerah Pesisir Batuaji dan Sagulung Dibangun Tanggul untuk Menahan Air saat Pasang Besar

Reza Khadafy (f.dalil/batampos.id)

batampos.id – Wilayah perairan Batam sedang berhadapan dengan musim angin Barat. Wilayah pesisir jadi sasaran luapan air laut yang disebut dengan pasang besar atau air rob. Beberapa pemukiman di Batuaji dan Sagulung yang berada di wilayah pesisir berhadapan dengan masalah yang serius yakni banjir karena terjangan air pasang besar tersebut. Meskipun tak hujan air naik sampai ke lingkungan pemukiman warga.

Inilah yang dialami warga di Kaveling Kamboja, kelurahan Seipelenggut, Sagulung, selama empat hari belakangan ini. Air naik sampai ke pemukiman mereka karena sungai Seipelenggut yang menjadi lokasi resapan dan penahan air pasang di dekat pemukiman mereka telah dijadikan lokasi kaveling siap bangun. Harapan warga agar fungsi dan keasrian sungai segera dikembalikan belum juga terwujud sebab penanganan kasus reklamasi yang sudah dilaporkan tersebut sepertinya berjalan di tempat.

|baca:

Camat Sagulung Reza Khadafi saat dikonfirmasi mengaku sudah merekomendasikan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Bina Marga untuk segera mengatasi persoalan tersebut.

Di wilayah Batauji, keluhan serupa juga disampaikan oleh masyarakat pesisir di kelurahan Tanjunguncang. Pasang besar di musim angin barat ini jadi kekuatiran serius warga di Perumahan Central Park, Marina Garden dan Sumberindo sebab luapan air laut juga menerobos masuk sampai ke pemukiman mereka. Namun untuk permasalahan ini langsung ditanggapi pihak Kecamatan yang menerjunkan alat berat dari Dinas Bina Marga ke lapangan untuk mengeruk drainase dan membuat tanggul penahan air pasang. Pengerjaan masih berlangsung sampai, Rabu (18/11/2020) siang yang diawasi langsung oleh Camat Batuaji Ridwan.

Ridwan saat ditemui mengaku akan segera merampungkan pekerjaan tesebut dalam waktu yang dekat. Diapun mengakui kalau masalah banjir di sana tidak saja karena faktor drainase tapi juga faktor alam seperti air pasang ini. Untuk itu pengerjaan harus melalui kajian strategis yang tepat sehingga benar-benar efektif nantinya. “Berdasarkan kajian tadi, inilah yang dikerjakan. Selain drainase, kita juga akan buat tanggul supaya bisa menahan air pasang,” ujarnya. (*)

Reporter: Eusebius Sara
Editor: tunggul