Sport

Strategi Menyerang Thiem Segel Permainan Nadal

Ekspresi petenis Austria Dominic Thiem usai mengalahkan petenis Spanyol Rafael Nadal dalam ajang ATP Finals di O2 Arena, London, Rabu (18/11). (F. Glyn Kirk/AFP)

batampos.id – Permainan menyerang yang diperagakan petenis Austria Dominic Thiem mampu menyegel strategi petenis Spanyol Rafael Nadal. Gagal mengembangkan permainan membuat petenis ranking dua dunia ini harus mengakui keunggulan Thiem 7-6(7), 7-6(4).

Kemenangan ini juga membawa Thiem memimpin klasemen sementara Grup London 2020 dalam ajang turnamen ATP Finals 2020 di London, Rabu (18/11). Kemenangan ini juga menjadi kemenangan keenam Thiem atas Nadal dalam 15 kali perjumpaan mereka.

“Itu adalah pertandingan yang hebat dari poin pertama hingga poin terakhir,” seru Thiem.

Reuters melaporkan, petenis nomor tiga dunia Thiem menyelamatkan beberapa set point pada tiebreak pertama sebelum melepaskan pukulan forehand untuk merebut set pembuka.

BACA JUGA: Nadal Akui Kurang Hoki main di Lapangan Indoor

Sementara Nadal, yang berusaha memenangi satu-satunya gelar besar yang belum ditaklukkannya, memainkan break pertama pertandingan dengan kedudukan 3-3 pada set kedua. Namun Thiem mampu membalas dengan cara yang menakjubkan.

Nadal berada di ambang kekalahan ketika ia terpeleset 0-40 saat skor 4-5 setelah melakukan pukulan keras. Tetapi juara Grand Slam 20 kali itu berhasil keluar dari kesalahan, menyelamatkan tiga match point.

Namun Thiem tak tergoyahkan, dan terus memimpin 6-3 pada tiebreak kedua. Nadal membalas satu poin, tetapi Thiem menyelesaikannya saat Nadal melakukan kesalahan sendiri yang jarang terjadi.

“Sebenarnya saya sedikit beruntung mengamankan set pertama, saya tertinggal 2-5 di tiebreak dan hal bagus bisa memenangi set pertama saat melawannya. Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang, saya harap kami menampilkan acara yang bagus untuk orang-orang yang menonton di TV,” katanya.

Thiem telah mengalahkan juara bertahan Stefanos Tsitsipas dalam pertandingan pembukaan, dan akan lolos ke semifinal jika Tsitsipas mengalahkan Andrey Rublev nanti. Sedang nasib Rafael Nadal akan ditentukan pada pertandingan grup terakhirnya melawan Tsitsipas. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo