Bintan-Pinang

Pelipatan Surat Suara di Tengah Pandemi Covid-19, KPU Bintan Bagi Dua Sesi, Satu Sesi Hanya 15 Petugas

Pelipatan surat suara untuk Pilkada di Kabupaten Bintan yang dilakukan petugas pelipatan surat suara di Kantor KPU Bintan dengan menerapkan protokol kesehatan, Rabu (18/11/2020). (F.Slamet Nofasusanto/batampos.id)

batampos.id- Ketua KPU Bintan, Ervina Sari mengatakan, pelipatan surat suara pasangan calon kepala daerah di Kabupaten Bintan telah dimulai. “Pelipatan kertas surat suara sudah dimulai dari Selasa (17/11/2020). Yang duluan dilipat surat suara gubernur karena datangnya duluan pada 15 November lalu, itu sudah kita lakukan sortiran tanggal 17 November, kita mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB,” ujarnya menjelaskan.

Karena pandemi covid, petugas yang melipat kerta suara tidak boleh berkerumun. Oleh karena itu, KPU Bintan membaginya dalam dua sesi untuk melipat surat suara. “Satu sesi 15 orang petugas yang melipat surat suara. Sesi pertama mulai pagi sampai pukul 16.00, sedangkan sesi kedua mulai pukul 17.00 sampai dengan sekira pukul 21.00,” sebutnya.

Saat ini, katanya yang datang baru kotak dan surat suara. Logistik lainnya belum. “Yang baru datang baru kotak dan surat suara,” katanya. Sementara Komisioner KPU Bintan, Samsul menargetkan pelipatan surat suara untuk kepentingan Pilkada di Kabupaten Bintan selesai 23 November mendatang. “Estimasi kita sampai tanggal 23 November,” ujarnya.

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay menambahkan, surat suara yang dicetak perusahaan bernama Temprina Media Grapika di Gresik, Jawa Timur. Surat suara yang dicetak sebanyak 115.320 lembar untuk 110.379 lembar yang diperuntukkan bagi pemilih yang telah terdaftar di dalam DPT dan kelebihan 2,5 persen dari jumlah pemilih. Termasuk 2 ribu lembar surat suara untuk kepentingan pemilu ulang. (*)

Reporter: Slamet
Editor: tunggul