Kepri

Lipat Surat Suara Pilgubkepri,  KPU Tanjungpinang Bayar Rp250 Per-Lembar  

Pelipatan surat suara di Kantor KPU Tanjungpinang, ditargetkan akan selesai dalam lima hari kerja, Rabu (18/11/2020). (F Peri Irawan/batampos.id)

batampos.id -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri 9 Desember 2020 mendatang. Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan pelipatan dimulai sejak Rabu (18/11/2020) dikerjakan 20 pekerja yang berasal dari warga Tanjungpinang.

|BACA JUGA: KPU Batam Mulai Lipat Surat Suara

Pelipatan itu ditargetkan akan selesai dalam waktu lima hari pengerjaan. Untuk honor para pekerja pelipat suara itu akan dibayar Rp 250 per lembarnya. “Setelah dilipat sortir dan dihitung akan dilakukan packing, namun saat ini semua perlengkapan TPS nya belum datang semua,” kata Aswin di Kantor KPU Tanjungpinang, Rabu (18/11/2020).

Disampaikan Aswin, total surat suara yang diterima sesuai manifest sebanyak 153.301 lembar, sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tanjungpinang 149.354 orang, sedangkan setiap TPS nantinya harus tersedia 2,5 persen dari total DPT per TPS.  Saat ini logistik yang sudah datang adalah kotak suara sebanyak 444 sesuai TPS, bilik suara sebanyak 2.220.

Setiap TPS nantinya lanjut Aswin akan tersedia lima bilik suara, satu diantaranya merupakan bilik khusus pemilih dengan suhu di atas 37, 3 derajat celcius.

“Namun untuk peralatan untuk protokol kesehatan seperti hand sanitizer, masker sekali pakai, sarung tangan sekali pakai dan pelindung wajah atau face shield belum kami terima,” terangnya. Sedangkan mekanisme untuk warga yang sedang diisolasi akibat terpapar covid-19, kata Aswin hingga saat ini pihaknya masih menunggu Peraturan KPU (PKPU),  saat ini masih bahas oleh KPU pusat bagaimana nantinya, akan tetapi yang pasti petugas akan menggunakan APD yang lengkap nantinya. “Kita tunggu PKPU dulu bagaimana teknis penangananya nanti,” tambahnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
Editor: Tunggul