Politika

Debat digelar Terbatas, Wujudkan Pilkada Sehat

Pjs Walikota Batam Syamsul Bahrum. (Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.id – Pemerintah Kota Batam mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih dan ikut berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi 9 Desember 2020 mendatang. Simulasi lengkap Pilkada sehat akan digelar 21 November mendatang.

“Ada 12 item yang akan disimulasikan. Mulai dari tata cara memilih di masa pandemi, pencoblosan, antrean agar semua aman dan tidak menimbulkan klaster baru,” ujar Pjs Walikota Batam Syamsul Bahrum, usai rapat koordinasi bersama FKPD di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (17/10).

Simulasi nanti akan melibatkan penyelenggara Pilkada yaitu KPU dan Bawaslu. Nanti pelaksanaan simulasi akan dilaksanakan di salah satu tempat pemungutan suara (TPS).

Selain itu, pemerintah juga berupaya mengamankan jalannya pemilihan. Mulai dari mengamankan surat suara, mengawasi proses pelipatan hingga pendistribusian ke TPS nantinya. Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), pihaknya akan terus memantau jalannya proses demi proses hingga mendekati waktu pemilihan nanti.

“Kalau pengamanan sudah pasti dari Pak Kapolres dan Dandim. Untuk tadi beliau hadir dalam rapat bersama kami,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ini juga akan digelar debat Paslon Wali Kota dan Wakil Kota Batam. Rencananya akan digelar di Hotel Aston 25 November 2020 nanti. Acara akan disiarkan melalui salah satu Chanel lokal. Hal ini untuk menghindari adanya kerumunan saat acara berlangsung.

“Jadi semua baik masyarakat umum maupun pendukung masing-masing Paslon bisa menyaksikan melalui siaran streaming,” tambahnya. (*)

Reporter : Yulitavia
Editor : Jamil Qasim