Total Football

Wales Naik Kasta ke Divisi A, Bulgaria Degradasi ke Divisi C

Selebrasi gelandang Wales Harry Wilson usai mencetak gol ke gawang Finlandia dalam UEFA Nations League grup B4 di The Cardiff City Stadium, Cardiff, Kamis (18/11). (F. Geoff Caddick/AFP)

batampos.id – Timnas Wales berhasil meraih tiket promosi ke Divisi A UEFA Nations League. Dalam laga penentuan Divisi B Grup 4 (B4) di Stadion Cardiff City, Cardiff, Kamis (19/11) melawan Finlandia, Wales menang dengan skor 3-1.

Wales mendapat keuntungan besar sejak laga baru berjalan 12 menit ketika Jere Uronen mendapat kartu merah. Wasit terpaksa mengeluarkan Uronen setelah melakukan pelanggaran keras pada Harry Wilson. Finlandia harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain.

Kelebihan pemain ini dimanfaatkan ketika Wilson membuka keunggulan Wales pada menit ke-29 yang digandakan Daniel James satu menit babak kedua.

BACA JUGA: Empat Gol Inggris Bawa Islandia Turun Kasta, Foden Tampil Gemilang

Teemu Pukki sempat memperkecil ketertinggalan Finlandia pada menit ke-63, tetapi Kieffer Moore memastikan kemenangan Wales menjadi 3-1 enam menit menjelang bubaran.

Kemenangan itu membuat Wales menjadi juara Grup B4 dengan koleksi 16 poin, unggul empat poin atas Finlandia pada peringkat kedua, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sementara itu pertandingan Grup B4 lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Aviva, Dublin, tuan rumah Republik Irlandia imbang tanpa gol melawan Bulgaria.

Skor itu menyelamatkan Irlandia dari degradasi dan finis urutan ketiga Grup B4. Sedangkan Bulgaria yang menjadi juru kunci terdegradasi ke Divisi C.

Bulgaria enyusul langkah tim-tim juru kunci grup Divisi B lainnya yang juga terdegradasi yakni Irlandia Utara, Slowakia dan Turki. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo